Massa Aksi Buruh Unjuk Rasa di Depan Patung Kuda Jakarta, Ini Tuntunannya

Rabu, 03 Juli 2024 - 12:53 WIB
loading...
Massa Aksi Buruh Unjuk Rasa di Depan Patung Kuda Jakarta, Ini Tuntunannya
Ratusan buruh yang tergabung dalam dalam Partai Buruh dan KSPI tiba di depan Patung Kuda, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024). FOTO/SINDOnews/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Ratusan buruh yang tergabung dalam dalam Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tiba di depan Patung Kuda, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024). Mereka berunjuk rasa untuk menyampaikan sejumlah tuntutan.

Berdasarkan pantauan SINDOnews mereka membawa dua mobil komando dan mengerahkan aksi untuk berkumpul bersama. Sambil membawa beberapa bendera bertuliskan KSPI dan Partai Buruh.

Di depan barisan ada juga seseorang pekerja yang membawa poster "Cegah PHK di industri kurir dan Logistik". Presiden KSPI yang juga Presiden Partai Buruh Said Iqbal menjelaskan, dalam aksi ini membawa 7 tuntutan. Berikut ini tuntutannya:



1. Stop PHK buruh tekstil.

2. Cabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

3. Lindungi industri dalam negeri, khususnya industri tekstil, kurir dan logistik, serta baja.

4. Batalkan peraturan Dirjen Perhubungan Darat yang membolehkan aplikator/platform online asing membuka usaha jasa kurir dan logistik.

5. Stop persaingan tidak sehat usaha jasa kurir dan logistik asing yang dimiliki platform asing seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, dengan jasa kurir dalam negeri seperti J&T, Pos Indonesia, dll.

6. Hindari ancaman PHK puluhan ribu buruh di industri kurir dan logistik, termasuk di Pos Indonesia.

7. Komisi Pengawas Persaingan Usaha harus memanggil Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, untuk melarang platform asing ikut bermain di usaha jasa kurir dan logistik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)
pixels