Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta

Selasa, 02 Juli 2024 - 22:35 WIB
loading...
Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta
Pemerintah Republik Azerbaijan melalui Kepala Badan Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Azerbaijan, Ulvi Mehdiyev mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta, Selasa (2/7/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Republik Azerbaijan melalui Kepala Badan Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Azerbaijan, Ulvi Mehdiyev mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta, Selasa (2/7/2024). Dalam kesempatan itu, Mehdiyev melihat langsung penyelenggaraan pelayanan publik yang prima di Jakarta.

Mehdiyev pun mengaku senang dan bangga, Indonesia memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sangat baik, seperti di Jakarta. Ia mengungkapkan, kehadiran MPP DKI Jakarta merupakan bukti keberhasilan kerja sama Indonesia dan Azerbaijan dalam bidang pelayanan publik.

“Kami telah memiliki kerja sama yang sangat baik selama bertahun-tahun dengan Indonesia, sebagai hasil dari kerjasama yang sukses ini, Mal Pelayanan Publik Jakarta didirikan berdasarkan pengalaman dari Azerbaijan. Saya merasa sangat terhormat dan bangga dengan kabar baik ini,” ujar Mehdiyev di Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta


Berkunjung ke MPP DKI Jakarta, Mehdiyev mengaku seperti berada di Azerbaijani Service and Assessment Network (ASAN) Xidmat Center, yang merupakan pusat pelayanan publik Azerbaijan, yang prestasinya telah diakui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Menurutnya, Pemerintah Indonesia juga telah membuat capaian luar biasa yang diakui secara global.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta


“Dari sudut pandang ini, saya ingin menyampaikan pesan kepada warga negara dan penduduk Indonesia bahwa Pemerintah Indonesia, telah melakukan pekerjaan yang baik dalam bidang pelayanan publik, terutama dalam penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP). Ini adalah pencapaian yang diakui secara global dari Pemerintah Indonesia. Saya ingin mengucapkan selamat yang tulus kepada Indonesia,” ungkap Mehdiyev.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta


Mehdiyev mengatakan bahwa hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) dapat memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat dalam melakukan urusan perizinan/nonperizinan dan kemudahan investasi. Dia berpendapat, hal itu dapat menciptakan kondisi yang sangat baik dalam mendukung masyarakat serta pelaku usaha.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta


“Karena hanya dengan datang ke satu tempat, warga dapat memanfaatkan serta mendapatkan berbagai layanan perizinan dan layanan Investasi. Hal ini juga menghemat waktu dan biaya bagi Masyarakat dan Pemerintah,” ujarnya.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta


Dia menyampaikan bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta, merupakan indikasi dari perhatian Pemerintah Indonesia terhadap transparansi, akuntabilitas, aksesibilitas dan kenyamanan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. “Dan semua ini, tentu saja, menciptakan lingkungan yang mendukung untuk bisnis dan juga investasi di Jakarta,” pungkasnya.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta

Kolaborasi Tingkatkan Pelayanan Publik


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra menyambut baik kunjungan Kepala Badan Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Azerbaijan Ulvi Mehdiyev ke Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta. Benni menilai kunjungan Pemerintah Azerbaijan ini menjadi momentum untuk saling belajar dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Jakarta.

Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik Jakarta


“Dulu kita belajar dari Azerbaijan kemudian hari ini mereka datang ke MPP DKI Jakarta untuk saling belajar dan saling mengembangkan diri guna kemajuan penyelenggaraan pelayanan publik di masing-masing negara,” ungkap Benni.

Benni mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta ke arah yang lebih baik, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan kemajuan zaman dengan terus memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, serta keamanan dan kenyamanan dalam mengakses pelayanan publik.

“Sesuai dengan arahan Pj Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono, Pemprov. DKI Jakarta akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan bidang penanaman modal dan perizinan/nonperizinan yang lebih cepat, mudah dan trasparan,” kata Benni.

Lebih lanjut Benni menyampaikan bahwa Jakarta sebagai jantung perekonomian di Indonesia, juga terus mengembangkan iklim investasi yang kondusif dengan memfasilitasi kemudahan perizinan dan investasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Dengan inovasi dan pelayanan terbaik, kami percaya bahwa Jakarta akan semakin menarik sebagai destinasi investasi global. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta siap melayani dengan profesionalisme dan integritas tinggi. Urus Izin Sendiri itu Mudah” pungkasnya.

Pertegas Komitmen Kerja Sama Indonesia-Azerbaijan


Plt Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia Akik Dwi Suharto Rudolfus mengapresiasi Kunjungan Kenegaraan yang dilakukan Pemerintah Azerbaijan. Terlebih, Akik menyebut, Azerbaijan telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai negara yang berhasil mengintegrasikan berbagai layanan publik ke dalam satu pusat pelayanan seperti mal.

“Azerbaijan di tahun 2016 itu mendapat prestasi sebagai juara dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA), kemudian di tahun 2017 kita belajar ke Azerbaijan bersama beberapa kepala daerah untuk mempelajari ASAN Xidmat yang kemudian diimplementasikan dengan pembentukan MPP,” ungkap Akik.

Akik berharap, kunjungan yang dilakukan Pemerintah Azerbaijan tersebut dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, khususnya di Jakarta. Terlebih, pihaknya bersama Dirjen Inovasi Pusat Inovasi Azerbaijan, telah menandatangani rencana aksi kerja sama yang meliputi beberapa knowledge sharing, yang membuka peluang kepada seluruh Pemerintah Daerah, Kementerian/ Lembaga untuk belajar bersama-sama terkait dengan bagaimana mewujudkan pelayanan publik terbaik.

“Ini yang perlu kita apresiasi dari mereka, mereka sangat semangat, sangat berkomitmen, dan saya rasa kolaborasinya harus kita tingkatkan sehingga hasilnya nanti benar-benar memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” jelas Akik.

Di sisi lain, Akik juga mengapresiasi Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta, yang sudah memberikan contoh praktik baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat. Terlebih menurutnya, MPP DKI Jakarta juga sudah mengadopsi teknologi digital dalam pelayanannya. Akik berharap, ke depan seluruh Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Indonesia dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi berbasis digital.

“Terkait layanan digital, Saya melihat MPP DKI Jakarta sudah sangat bagus, sementara belum semua MPP (di Indonesia) mengarah kepada integrasi layanan secara digital, bagaimanapun integrasi layanan ini backbone-nya adalah layanan digital. Tidak bisa hanya sekedar mengumpulkan seluruh layanan dalam satu tempat, tetapi bagaimana mengintegrasikan seluruh layanan dengan berbasis teknologi informasi atau menggunakan internet, itu yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita bersama," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)
pixels