Tandai Ultah ke-25, Alfamart Tanam 25.000 Mangrove di Muara Gembong

Jum'at, 28 Juni 2024 - 19:32 WIB
loading...
A A A
"Sampai saat ini, Alfamart masih yang terbanyak menanam 25.000 bibit pohon Mangrove sekaligus dalam satu waktu di satu lokas ini," ucapnya.

Desa Pantai Bahagia merupakan wilayah yang mengalami abrasi terparah yang berada di pinggir Pantai Muara Gembong, di Kabupaten Bekasi.

Diketahui dari data Pemkab Bekasi, selama 1988-2022, terjadi perubahan garis pantai di 13 zona, Kecamatan Muaragembong, Bekasi. Delapan zona mengalami abrasi seluas 2.463,3 hektare, lima zona mengalami penambahan daratan 317,9 hektare.

Menurut penuturan warga setempat, dulunya wilayah ini merupakan pemukiman cukup padat dengan mayoritas penduduknya hidup dari hasil tambak dan nelayan. Namun, semenjak abrasi air laut menggenangi pemukiman mereka, kini sudah banyak warga yang berpindah meninggalkan rumahnya yang hancur dan tenggelam karena abrasi air laut.

Bidang lingkungan menjadi salah satu fokus utama CSR Alfamart. Total Alfamart telah menanam lebih dari 57.000 pohon di lahan rawan abrasi di berbagai wilayah di Indonesia sejak empat tahun terakhir, memakai sumber energi bersih terbarukan melalui pemanfaatan tenaga surya di 20 kantor dan gudang, menyediakan fasilitas penukaran baterai motor listrik di lebih dari 500 toko serta aktif menyerukan stop kantong plastik dengan selalu membawa tas ramah lingkungan saat berbelanja.
(ars)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)
pixels