Tandai Ultah ke-25, Alfamart Tanam 25.000 Mangrove di Muara Gembong

Jum'at, 28 Juni 2024 - 19:32 WIB
loading...
Tandai Ultah ke-25, Alfamart Tanam 25.000 Mangrove di Muara Gembong
Alfamart menanam 25.000 bibit pohon mangrove sebagai upaya pencegahan abrasi air laut di pantai utara Jawa, di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/6/2024).
A A A
BEKASI - Alfamart kembali menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dengan menggelar aksi penanaman 25.000 bibit pohon mangrove sebagai upaya pencegahan abrasi air laut di pantai utara Jawa, di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/6/2024).

Penanaman 25.000 mangrove ini adalah rangkaian menyambut Semarak Ulang Tahun Alfamart (SUA) ke-25. Aksi ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart di bidang lingkungan untuk berkontribusi dalam upaya memperbaiki ekosistem hutan mangrove sebagai salah satu cara menahan abrasi air laut yang parah di wilayah pesisir di wilayah tersebut.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, menjelaskan bahwa penanaman mangrove ini sebagai investasi jangka panjang untuk kelestarian bumi, khususnya bagi warga Muara Gembong yang terdampak langsung abrasi air laut.

"Penanaman 25.000 bibit pohon mangrove ini merupakan wujud komitmen Alfamart berkontribusi menjaga lingkungan. Hutan mangrove ini memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan di wilayah pesisir, khususnya mencegah gelombang besar air laut yang menyebabkan abrasi hingga ke pemukiman warga disini," ujar Solihin.

Kegiatan ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang secara konsisten diterapkan Alfamart dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Solihin menambahkan, Alfamart akan terus melakukan aktivitas-aktivitas serupa guna berkontribusi lebih dalam menjaga kelestarian Bumi.

"Di tahun ini Alfamart berusia 25 tahun Melayani Indonesia. Alfamart berharap, di usianya saat ini bisa terus berkontribusi untuk kelestarian lingkungan di Indonesia tidak hanya melalui penanaman pohon, namun juga aksi berkelanjutan lainnya," kata Solihin.

PJ Bupati Kabupaten Bekasi Dani Ramdan yang diwakilkan Kepala BAPPEDA Agus Budiono mengapresiasi perhatian dan partisipasi Alfamart dalam penanaman mangrove di Muara Gembong.

“Pemkab Bekasi mengapresiasi secara positif dan mendukung sepenuhnya kegiatan penanaman mangrove oleh Alfamart di Desa Pantai Bahagia, Muara gembong. Upaya ini diharapkan menjadi bagian dalam rehabilitasi hutan mangrove yang memiliki fungsi ekologi, yaitu untuk pencegahan terhadap abrasi air laut khususnya di pemukiman warga disini,” tuturnya.

Sementara itu, ketua Kelompok Sadar Wisata Alipbata, sebagai pengelola kawasan hutan mangrove di Desa Pantai Bahagia , Sonhaji, menyebut penanaman yang dilakukan Alfamart merupakan yang terbanyak hingga saat ini di Muara Gembong.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)
pixels