Kotak Suara dari Jakarta Timur Masuk, KPU DKI Tuntaskan Rekap Hari Ini

Jum'at, 17 Mei 2019 - 14:37 WIB
Kotak Suara dari Jakarta Timur Masuk, KPU DKI Tuntaskan Rekap Hari Ini
Kotak Suara dari Jakarta Timur Masuk, KPU DKI Tuntaskan Rekap Hari Ini
A A A
JAKARTA - Setelah bolak-balik molor, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) akhirnya bisa segera merampungkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta. Hal itu setelah kotak suara dari KPU Jakarta Timur tiba hari ini ke lokasi rapat pleno di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

"Sudah mulai penghitungan nih," ujar Komisioner KPU DKI Nurdin Nurdin saat dihubungi SINDOnews, Jumat (17/5/2019) siang.

Pihaknya berharap penghitungan suara dari wilayah Jakarta Timur tersebut bisa segera selesai. Dengan demikian penghitungan suara se DKI Jakarta juga bisa dilakukan secepatnya. "Hari ini Insya Allah (Jakarta Timur) selesai," tandasnya.

Setelah Jakarta Timur selesai, KPU DKI akan melakukan pembacaan hasil penghitungan se DKI. "Pembacaan total DC se DKI Jakarta, kemudian nanti kita kirim ke (KPU) pusat untuk direkap di tingkat nasional," tutupnya.

Sesuai jadwal, rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara mestinya digelar pagi tadi pukul 09.30 WIB. Namun rapat diundur lantaran sebagian besar saksi belum hadiri.

"Saksi pasangan 01, 02 belum hadir? 01, 02 apa sudah tanda tangan? Belum bertanda tangan ini," kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, saat memimpin rapat pagi tadi.

Ia menyebutkan, delapan dari 16 saksi masing-masing parpol juga belum menghadiri rapat pleno dengan agenda menghitung suara dari Jakarta Timur. "(Rapat) kita skors sampai pukul 13.00 WIB," ucapnya.

Rapat pleno tingkat Provinsi DKI Jakarta sudah berulangkali molor karena rekapitulasi di tingkat PPK Jakarta Timur belum selesai. Awalnya rapat yang direncanakan selesai pada Senin (13/5/2019) ditunda karena tiga kecamatan di Jakarta Timur belum menyelesaikan rekapitulasi.

Sementara saat rapat lanjutan pada Rabu lalu, rapat terpaksa kembali ditunda dikarenakan satu kecamatan di Jakarta Timur, yakni Kecamatan Pulogadung belum menyelesaikan rekapitulasi penghitungan di tingkat PPK.

Akhirnya rapat pleno di tingkat PPK Pulogadung selesai pada Kamis (16/5) kemarin dan dilanjutkan di tingkat kota pada malam harinya. Baru kemudian dilanjut kembali dengan rapat pleno di tingkat provinsi pada Jumat (17/5/2019) ini.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9028 seconds (0.1#10.140)