Pilkada 2024, Empat Partai Bentuk Koalisi Bogor Maju

Kamis, 27 Juni 2024 - 00:29 WIB
loading...
Pilkada 2024, Empat Partai Bentuk Koalisi Bogor Maju
Partai Golkar, PAN, PSI, dan Partai Demokrat bersepakat membentuk Koalisi Bogor Maju (KBM) untuk menghadapi Pilwalkot 2024. FOTO/PUTRA RAMADHANI
A A A
JAKARTA - Empat partai di Kota Bogor, Jawa Barat membentuk koalisi untuk menghadapi Pilwalkot Bogor 2024 . Koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, PSI, dan Partai Demokrat itu bernama Koalisi Bogor Maju (KBM).

"Kita sedang membangun perahunya sebagai alat kerja untuk mengusung pasangan calon (Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor)," kata Ketua DPD PSI Kota Bogor Sugeng Teguh Santoso (STS) kepada wartawan, Rabu (26/6/2024).

Meski koalisi di tingkat daerah sudah terbentuk, mereka belum menetapkan figur yang diusung. Sebab, masih menunggu rekomendasi dari masing-masing DPP partai.



"Masing-masing partai kan memiliki kandidatnya, nah para calon ini yang nanti akan kami godok di Koalisi Bogor Maju untuk diusulkan ke setiap DPP partai setelah menyelesaikan tugas-tugasnya. Setelah itu baru keluar surat rekomendasi atau penetapan pasangan calon yang akan diusung nanti," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kota Bogor, Rusli Prihatevy mengatakan, Koalisi Bogor Maju sangat mungkin bertambah. Pihakanya masih menjalin komunikasi dengan partai lain seperti Partai Gerindra.

"Koalisi ini belum final, kami masih mengajak semua partai lain untuk bergabung termasuk partai Gerindra. Terkait calon yang akan diusung tentunya harus memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi karena hal itu yang menjadi pijakan kami dalam menentukan siapa calon yang akan diusung nanti, termasuk memiliki kesamaan visi misi untuk membangun Kota Bogor lebih maju," ucap Rusli.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD PAN Kota Bogor, Bedjo Santoso mengatakan kekuatan partai lain dibutuhkan untuk memperkuat koalisi ini.

"Koalisi ini kesepakatan partai belum sampai penetapan calon karena penetapan pengusungan calon itu dari DPP. Selain itu, koalisi ini juga masih terbuka artinya dalam perjalanannya menuju pendaftaran nanti yaa masih terbuka untuk partai lain bergabung. Oleh karenanya, ini awal kita membangun koalisi, jika ada partai lain yang bergabung tentunya akan semakin kuat," tutur Bedjo.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Kota Bogor, Anita Primasari Mongan berharap agar KBM ini bisa melahirkan pasangan calon terbaik untuk Kota Bogor. "Kami berharap semua bekerja baik dari partai maupun para calon yang sudah mendapatkan surat tugas," kata Anita.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0862 seconds (0.1#10.140)
pixels