Atasi Polusi Udara Ekstrem di Jakarta, BPBD Siapkan Modifikasi Cuaca

Minggu, 23 Juni 2024 - 13:56 WIB
loading...
Atasi Polusi Udara Ekstrem di Jakarta, BPBD Siapkan Modifikasi Cuaca
BPBD DKI Jakarta menyiapkan teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi polusi udara ekstrem di Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi polusi udara ekstrem di Jakarta. BPBD akan berkoordinasi dengan BNPB dan BMKG.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, wilayah Jakarta dan sekitarnya pernah melakukan TMC untuk mengatasi kondisi cuaca ekstrem dan polusi udara seperti akhir tahun 2022.



BPBD berkoordinasi dengan tim gabungan TMC yang terdiri dari BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU untuk melakukan penyemaian garam di langit Jakarta guna mengatasi potensi cuaca ekstrem yang terjadi.

“Pada pertengahan tahun 2023 juga pernah dilakukan TMC untuk mengatasi pencemaran udara di Jakarta ketika musim kemarau dengan kolaborasi tim gabungan," ujar Isnawa, Minggu (23/6/2024).

Upaya yang dilakukan ini tentunya bertujuan memastikan polusi udara Jakarta dapat terkendali dan tidak memberikan dampak lanjutan yang serius bagi masyarakat Jakarta.

“BMKG telah membentuk kedeputian yang khusus bekerja melakukan operasi modifikasi cuaca yang nantinya membantu Jakarta untuk membahas lebih teknis mengenai pelaksanaan operasional TMC ke depan," katanya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0822 seconds (0.1#10.140)
pixels