BUMD DKI Jakarta Perkokoh GCG sebagai Sistem Integritas

Selasa, 23 April 2019 - 12:39 WIB
BUMD DKI Jakarta Perkokoh GCG sebagai Sistem Integritas
BUMD DKI Jakarta Perkokoh GCG sebagai Sistem Integritas
A A A
JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memprakarsai pertemuan lintas BUMD se-DKI Jakarta untuk memperkuat Good Corporate Governance (GCG), sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari jerat kejahatan korporasi. Acara ini digagas secara perdana oleh 'Jakpro Leaders Talk', Selasa (23/4/2019) di Jakarta Internasional Equestrian Park.

Direktur utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, penerapan Good Corporate Governance (GCG) bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan dalam hal manajemen sesuai dengan koridor kepatuhan, tanpa menghilangkan sisi inovasi."Sebagus apa pun peraturan, bila manusianya tidak mengetahui, tidak memahami atau belum tergerak untuk memahami koridor-koridor governance, maka tindak korupsi bisa terjadi," kata Dwi Wahyu Daryoto, pada wartawan di Jakarta Internasional Equestrian Park, Selasa (23/4/2019).

Sekedar informasi GCG adalah konsep untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dengan tujuan untuk menjamin agar tujuan tercapai dengan penggunaan sumber daya se-efisien mungkin. Konsep GCG di Indonesia dapat diartikan sebagai konsep pengelolaan perusahaan yang baik.

Ada dua hal yang ditekankan dalam konsep ini. Pertama, pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar dan tepat waktu
Kedua, kewajiban perusahaan untuk melakukan pengungkapan (disclosure) secara akurat, tepat waktu dan trasnparan terhadap semua informasi kinerja perusahaan, kepemilikan dan stakeholder.

Atas dasar ini, Jakpro membangun budaya belajar bersama dan menggandeng sesama BUMD DKI Jakarta untuk kompak memperkuat GCG, dalam upaya membangun Jakarta melalui BUMD bersih. "Judul acara BUMD bersih kite banget, mengambil dari bahasa lokal betawi agar meresap sebagi budaya yang mengakar di era kekinian," ucap Dwi Wahyu Daryoto.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7316 seconds (0.1#10.140)