Car Free Day pada 23 Juni Ditiadakan, Ada Jakarta Internasional Marathon 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:31 WIB
loading...
Car Free Day pada 23 Juni Ditiadakan, Ada Jakarta Internasional Marathon 2024
Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Jalan M.H Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman. Foto/Dok SINDOnews/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan meniadakan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Jalan M.H Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman pada Minggu, 23 Juni 2024. Sebab, bakal digelar BTN Jakarta Internasional Marathon 2024.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo berdasarkan Pasal 5 ayat (1) Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu kota Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

"Diatur bahwa pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dapat dibatalkan jika waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/internasional), di mana kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus," ujar Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/6/2024).



Sehubungan dengan dasar tersebut, maka Syafrin menyebutkan pelaksanaan HBKB) pada Minggu, 23 Juni 2024 ditiadakan. "Untuk HBKB hari Minggu tanggal 16 Juni masih tetap diadakan seperti biasa," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Antusiasme para pecinta olahraga lari untuk mengikuti ajang BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 sangat tinggi. Tidak hanya diminati oleh para runner dari dalam negeri, tetapi ajang marathon berskala internasional tersebut juga diikuti oleh para pelari dari mancanegara.

Tercatat pelari dari 32 negara telah mendaftar untuk memeriahkan BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 yang akan berlangsung pada Minggu, 23 Juni 2024. Adapun 30 negara tersebut antara lain Amerka Serikat, Inggris, Swedia, Belanda, Brasil, Rusia, Selandia Baru, Malawi, Serbia, Taiwan, Guam Australia, Kanada, Jerman, India, Iran, Jepang, Kenya, Ethiopia, Korea Selatan, Pakistan, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Yunani, Vietnam, Srilanka, Zambia, Italia, dan Philipina.

Dari 30 negara itu, jumlah terbanyak berasal dari Kenya dan Jepang dengan jumlah masing-masing 56 pelari dan 48 pelari. “Total Warga Negara Asing (WNA) yang mengikuti BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 sekitar 232 pelari. Jumlah yang cukup banyak menurut kami, apalagi mereka semua berasal dari 30 negara di berbagai belahan dunia,” ujar Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/6/2024).
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)
pixels