Komunitas Alumni Jepang di Indonesia Akan Gelar Event Sakura Matsuri di Bekasi

Senin, 10 Juni 2024 - 13:23 WIB
loading...
Komunitas Alumni Jepang di Indonesia Akan Gelar Event Sakura Matsuri di Bekasi
Perayaan ulang tahun ke-14 KAJI di SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Sabtu (8/6/2024). Foto/Danan Daya
A A A
BEKASI - Komunitas Alumni Jepang di Indonesia atau KAJI, akan menyelenggarakan event Sakura Matsuri di Hollywood Junction, Jababeka Residence, Kabupaten Bekasi pada 27-28 Juli 2024. Event itu mengambil tema Spirit Harmoni Indonesia-Jepang.

Chairman KAJI Fuad A Kodir mengatakan, festival itu nantinya akan mempertunjukkan budaya Jepang dan Indonesia. Jadi, masyarakat yang datang secara gratis bisa mengetahui budaya masing-masing negara tersebut.

Hal itu dikatakan Fuad seusai acara perayaan ulang tahun ke-14 KAJI di SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Sabtu (8/6/2024).

"Sebenarnya event itu juga sama, dua budaya antara perkenalkan Indonesia-Jepang. Diharapkan orang Indonesia bisa belajar budaya Jepang di festival tersebut dan orang Jepang juga," kata Fuad.

Selain acara tari-tarian, pada acara itu nantinya juga ada pameran bazar, cosplay dan coswalk competition, serta Miss Sakura Contest.

Dalam kesempatan yang sama, pada peringatan ulang tahun ke-14 ini Fuad berharap, komunitasnya bisa terus berkontribusi terhadap hubungan baik antara Indonesia-Jepang.

"Harapan kami tentu terus tujuannya kita memperkuat hubungan Indonesia, masa depan banyak teman, kan kadang tak kenal maka tak sayang. Terserah nanti mau bikin bisnis atau apa, yang penting kita bikin teman sebanyak-banyaknya," katanya.

Sebagai informasi, KAJI mulanya adalah sekelompok yang beranggotakan alumni universitas Jepang. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini melebarkan sayapnya, tak hanya beranggotakan alumni universitas dari Jepang. Komunitas ini, sekarang menjadi wadah bagi mereka yang ingin mendalami budaya Jepang.

Pada acara perayaan ulang tahun ke-14 ini, KAJI turut mengundang narasumber petinggi perusahaan Jepang yang membuka industrinya di Indonesia.

Alasan Fuad mengundang para petinggi perusahaan itu, agar bisa memberikan motivasi atau pengetahuan untuk para anggota KAJI. Narasumber yang hadir yakni, Director PT Global Brain Nusantara Indonesia, Sho Ikeda, lalu Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor, Shodiq Wicaksono, dan President Director PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando.

"Kami sih diskusi di internal KAJI ya, kami pilihlah pembicaraan tersebutlah kira-kira yang kira-kira bisa menjadi inspirasi bahwa kita pun bisa. Kira-kira sih konsepnya itu, selain sharing informasi," pungkas Fuad.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)
pixels