alexametrics

Jadikan TMR Berkelas Dunia, Pemprov DKI Gelar Sayembara Berhadiah Rp1 M

loading...
Jadikan TMR Berkelas Dunia, Pemprov DKI Gelar Sayembara Berhadiah Rp1 M
Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan. Foto: SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar sayembara desain untuk merevitalisasi kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan. Sayembara ini bertujuan untuk menghimpun ide, gagasan, dan konsep dalam mewujudkan TMR sebagai kebun binatang kelas dunia.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Widodo, mengatakan, hasil sayembara akan digunakan untuk merevitalisasi kawasan Taman Margasatwa Ragunan sebagai pusat konservasi satwa sekaligus tempat taman rekreasi.

Desain atau rancangan ini secara umum mempertimbangkan sejarah, filosofi, kondisi eksisting dan pengembangan yang sudah dilakukan serta visi TMR yaitu terwujudnya TMR yang sejajar dengan kebun binatang di kota-kota besar di negara maju yang dihuni oleh satwa-satwa yang sejahtera mengacu pada prinsip Kesejahteraan Satwa.



Sayembara ini berhadiah total Rp1 miliar untuk tiga pemenang. Pemenang pertama Rp500 juta, pemenang kedua Rp300 juta, pemenang ketiganya Rp200 juta. Anggaran untuk hadiah sayembara desain kawasan TMR bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019.

Selain untuk hadiah, anggaran lainnya dalam penyelenggaraan sayembara ini untuk honor tim juri. Namun, Widodo tidak hafal total anggaran yang dialokasikan untuk penyelenggaraan sayembara desain revitalisasi Taman Margasatwa Ragunan.

"Dari anggaran BLUD TMR. Ini sesuai aturan kok semuanya, baik hadiah maupun honor tim jurinya. Honor tim juri enggak terlalu tinggi," ujar Widodo saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2019)

Pelaksanaan sayembara ini mengharapkan masukan dari para peserta untuk dapat menyelenggarakan sebuah kajian khusus dalam menentukan tema rancangan penataan kawasan melalui studi lapangan/literatur dan aspek sejarah perjalanan Taman Margasatwa Ragunan.

Kemudian, mendapatkan desain tentang penempatan satwa dan pengelolaan yang berpedoman kepada prinsip biosafety dan biosecurity serta memenuhi aspek kesejahteraan satwa. Lalu, mendapatkan desain lansekap yang sesuai untuk konservasi, perilaku dan ekosistem lingkungan hidup satwa dan fasilitas pendukung rancangan penataan rencana tapak Taman Margasatwa Ragunan.

Selanjutnya, mendapatkan kajian konektivitas dan integrasi layanan transportasi menuju dan di dalam TMR menuju kawasan pembatasan kendaraan bermotor; mendapatkan desain tentang keterhubungan aset-aset milik pemerintah provinsi di luar kawasan Taman Margasatwa Ragunan, serta mendapatkan desain tentang fasilitas komersil berupa hotel bintang empat 150 kamar, restoran (kapasitas 1.500 orang), cendramata, wahana permainan, dan parkir area (gedung parkir)

Selain itu, sayembara bertujuan untuk mendapatkan kajian tentang rancangan pola penyelenggaraan dan pengusahaan kawasan TMR; dan peserta sayembara diwajibkan bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang dianggap kompeten dan dapat membantu tercapainya perancangan penataan TMR.

Pendaftaran sayembara desain kawasan Taman Margasatwa Ragunan dibuka pada 18 Maret hingga 5 April 2019. Pendaftaran dan semua informasi terkait sayembara dapat dilihat di situs https://ragunanzoo.jakarta.go.id.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak