Iduladha 2024, Pemprov DKI Pastikan Hewan Kurban Masuk Jakarta Bebas Penyakit

Kamis, 30 Mei 2024 - 10:31 WIB
loading...
Iduladha 2024, Pemprov DKI Pastikan Hewan Kurban Masuk Jakarta Bebas Penyakit
Jelang Iduladha pertengahan Juni 2024, Pemprov DKI Jakarta memastikan hewan kurban yang masuk ke Jakarta bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Antraks. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jelang Iduladha pertengahan Juni 2024, Pemprov DKI Jakarta memastikan hewan kurban yang masuk ke Jakarta bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Antraks. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati.

"Kalau secara spesifik seperti antraks mudah-mudahan tidak ada. Kalau untuk antraks kami juga mengambil sampel tanah tempat penampungannya. Mudah-mudahan awal bulan Juni sudah kita ambil dan insya Allah tidak ada yang PMK juga ada standar khusus," ujar Suharini, Kamis (30/5/2024).



Ia mengungkapkan, dugaan sapi yang mengalami penyakit mulut dan kuku di Jakarta Timur belum terbukti, pasalnya dari hasil analisis sapi tersebut stres karena lama perjalanan.

"Sapinya datang dari Jawa Timur 9 jam berdiri terus, tapi kami mengambil sampel darah nanti kita peneguhan hasil uji di Laboratorium Subang. Kalau yang sakit saya sampaikan itu biasanya karena perjalanan stres perjalanan. Tapi kalau karena diare itu karena kepanasan di jalan kekurangan minum," jelas Suharini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, hingga 20 Mei 2024, Dinas KPKP DKI Jakarta telah melakukan pemeriksaan terhadap 2.487 ekor hewan kurban terdiri dari 2.150 ekor sapi, 17 ekor kerbau, dan 320 ekor kambing/domba.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)
pixels