Kejahatan Anak Meningkat, KPAI: Pentingnya Pendidikan Keluarga

Senin, 11 Maret 2019 - 22:30 WIB
Kejahatan Anak Meningkat, KPAI: Pentingnya Pendidikan Keluarga
Kejahatan Anak Meningkat, KPAI: Pentingnya Pendidikan Keluarga
A A A
JAKARTA - Trend kejahatan jalanan yang melibatkan anak kian meningkat sejak awal tahun lalu. Tak sedikit kejahatan itu dipengaruhi obat-obatan terlarang sehingga anak berani berbuat nekat.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Putu Elvina mengatakan, kondisi ini diperburuk dengan konsumsi alkohol dan didorong pengaruh lingkungan. Keinginan untuk mencari jati diri mendorong pelaku nekat berbuat jahat. Karenanya pelaku semacam ini cenderung tak memiliki rasa empati.

"Ini perlu digaris bawahi. Kebanyakan datang dari masalah keluarga. Begitu pentingnya keluarga dalam mendidik," tegas Putu di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Putu mengapresiasi betul langkah polisi dalam menindak pelaku ini. Ia mengatakan dalam beberapa bulan terakhir pelaku yang melibatkan anak cukup meningkat. Mereka kemudian melakukan kejahatan hingga membuat beberapa korbannya meninggal dunia.

Karenanya, KPAI seperti yang diungkapkan Putu, meminta razia gencar dilakukan polisi. Penindakan menyeluruh perlu dilakukan terhadap pengecer hingga bandar narkoba. Termasuk dengan beberapa apotik yang menjual obat daftar G.

"Bagaimanapun sumbernya dari situ. Karena konsumsi, mereka nekat berbuat nekat," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4573 seconds (0.1#10.140)