KKN Mahasiswa STIE Pelita Bangsa Hasilkan Produk UMKM untuk Warga Desa

Rabu, 27 Februari 2019 - 15:51 WIB
KKN Mahasiswa STIE Pelita Bangsa Hasilkan Produk UMKM untuk Warga Desa
KKN Mahasiswa STIE Pelita Bangsa Hasilkan Produk UMKM untuk Warga Desa
A A A
BEKASI - Penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Prodi Manajemen STIE Pelita Bangsa diiringi seni tradisional yang digelar di halaman Balai Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Suasana haru dan bahagia juga terlihat dalam perpisahan antara mahasiswa dengan warga setempat.

Dalam perpisahan itu, selain dihadiri mahasiswa, jajaran perangkat Desa Jayamukti, serta Dosen perwakilan dari kampus Pelita Bangsa.”Kami ucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang KKN diwilayah kami, program kerja mahasiswa banyak dirasakan masyarakat,” ujar Kepala Desa Jayamukti, Erwin Hermawan.

Menurutnya, program yang benar sangat dirasakan masyarakat seperti pembuatan tempat sampah serta edukasi dalam hal pengolahan limbah, Penanaman pohon, dan juga pemanfaatan barang – barang bekas untuk diolah menjadi taman bunga yang cantik.”Semuanya sangat bermanfaat bagi warga,” katanya.

Tak hanya dibidang lingkungan, kata dia, program kerja KKN Pelita Bangsa juga mencakup bidang pendidikan seperti Pengembangan PAUD, TK TPA, english club serta perpustakaan mini. Di bidang UMKM juga ada pelatihan pembuatan peyek daun kacang serta daun bayam. Hasil peyek buatan kaum ibu Jayamukti dijual dan laku dalam hitungan jam saja.

Bahkan, sampai sekarang juga beberapa orderan belum bisa terpenuhi mengingat keterbatasan tenaga. Berharap UMKM peyek sayuran tersebut dapat terus dikembangkan walaupun KKN Pelita Bangsa sudah selesai.”Warga akan meneruskan apa yang sudah dibangun oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN Prodi Manajemen STIE Pelita Bangsa, Lisa Kustina menambahkan, rasa terima kasih kepada warga Desa Jayamukti karena telah menerima, membimbing serta membantu mahasiswa KKN dengan sangat baik. Suasana haru meliputi sepanjang acara perpisahan tersebut.

Pertunjukan seni tradisional ditampilkan pada saat acara perpisahan tersebut diantaranya Tari Nirmala, Jangkrik Genggong, Pertunjukan pencak silat, Lagu dari mahasiswa KKN, serta pertunjukan tradisional dari warga yang paling ditunggu adalah pertunjukkan wayang kulit. Tarian itu ditampilkan masyarakat dari anak-anak hingga remaja.

Mereka sangat antusiasme dalam mempersiapkan pertunjukan tersebut dan tentunya dibantu oleh mahasiswa KKN Pelita Bangsa. Tak lupa disesi acara warga Desa Jayamukti berserta Aparatur Desa dan Mahasiswa KKN Pelita Bangsa serta perwakilan dosen Pelita Bangsa berfoto Bersama sebagai bentuk kenang-kenangan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4113 seconds (0.1#10.140)