Pemburu Angpau, Wihara Dharma Bakti: Sudah Jadi Rutinitas

Rabu, 06 Februari 2019 - 08:51 WIB
Pemburu Angpau, Wihara Dharma Bakti: Sudah Jadi Rutinitas
Pemburu Angpau, Wihara Dharma Bakti: Sudah Jadi Rutinitas
A A A
JAKARTA - Hampir setiap perayaan Imlek , Wihara Dharma Bakti, Taman Sari, Jakarta Barat, dipadati oleh para pemburu angpau. Mereka datang dari berbagai kota dan berbaris di halaman wihara.

Ketua Pengurus Yayasan Wihara Dharma Bakti Gunawan Djayaputra mengatakan, para pengemis itu sudah berada di wihara sejak beberapa hari sebelum perayaan Imlek dimulai. Mereka berharap mendapatkan angpau dari jemaah yang beribadah di Wihara Dharma Bakti.

"Nah biasanya dari tahun lalu ada yang bawa koper untuk dibagikan. Kelihatannya tahun ini agak sedikit. Mereka sendiri secara langsung tetap saja supaya tertib mereka didampingi oleh linmas setempat sama hansip-nya supaya tidak terjadi keributan," kata Gunawan di Jakarta.

Para pemburu angpau sengaja diberikan tempat di halaman agar tidak mengganggu ibadah umat.

"Jadi jangan sampai dia mengganggu umat yang beribadah di sini makanya kita taro di luar pintu gerbang. Jadi biar tidak saling mengganggu," terang Gunawan.

Menurut dia, kebiasaan para pengemis hadir di wihara itu menjadi sebuah rutinitas.

"Karena dari tahun ke tahun sudah lama jadi rutin dilakukan. Jadi mereka sudah tahu caranya, mereka harus duduk tidak boleh berdiri, jadi nanti kalau berdiri menjadi sangat repot. Jadi mereka sudah terlatih dan yang membagikan sudah tahu mana yang sudah dapat mana yang belum dapat jadi sudah biasa. Tahun ke tahun tidak ada masalah," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tidak menyinggung adanya ketidaktertiban umum soal para pemburu angpau itu. Hal tersebut lantaran, di wihara itu sudah menjadi rutinitas adanya pembagian angpau saat Imlek.

"Ya mudah-mudahan rezeki yang membagikan angpau, dengan berbagi maka kita semua mendoakan, yang membagi rezekinya malah meningkat dan yang menerima ikut mendoakan. Sehingga kebahagiaan meliputi semuanya. Gitu ya," kata Anies.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6329 seconds (0.1#10.140)