Imigrasi Klas I Jakbar Buka Layanan Paspor untuk Penyandang Tuna Netra

Jum'at, 18 Januari 2019 - 21:18 WIB
Imigrasi Klas I Jakbar Buka Layanan Paspor untuk Penyandang Tuna Netra
Imigrasi Klas I Jakbar Buka Layanan Paspor untuk Penyandang Tuna Netra
A A A
JAKARTA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat hari ini membuka layanan paspor ramah HAM bagi penyandang tuna netra. Pelayanan paspor itu digelar di Yayasan Mitra Netra, Lebak Bulus, Jakarta Selatan sejak pukul 08.00-12.00 WIB.

Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Adjudikasi Dokumen Perjalanan Imigrasi Jakarta Barat, Felusia Sengky Ratna mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Braille Internasional dan Hari Bhakti Imigrasi ke-69."Total ada sebanyak 30 penyandang tuna netra yang membuat paspor di tempat ini," ujar Sengky kepada wartawan, Jumat (18/1/2019).

Menurut dia, acara hari ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen keimigrasian. Sebelumnya, Kantor Imigrasi Jakarta Barat juga pernah mengadakan kegiatan serupa di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) saat Hari Disabilitas Internasional.

"Program-program pelayanan yang bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat akan terus kami laksanakan di sepanjang tahun 2019," ujarnya.
Dalam pembuatan paspor, para penyandang tuna netra itu mendapatkan bimbingan dari para petugas imigrasi. Termasuk, diberikan buku panduan pembuatan paspor yang menggunakan huruf braille.

"Untuk prosedurnya sama, tapi kita ada pendampingan dari petugas. Mereka juga kami berikan buku panduan pembuatan paspor braille yang telah kami sediakan," jelasnya.

Sekretaris Yayasan Mitra Netra, Ahyar sangat mengapresiasi kegiatan 'jemput bola' dari pihak imigrasi kepada para tuna netra. ‎"Pelayanan ini sangat bermanfaat karena apabila kami harus datang ke Kantor Imigrasi dengan segala keterbatasan tentunya harus melalui prosedur yang cukup panjang," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5593 seconds (0.1#10.140)