Malam Tahun Baru, DKI Gelar Banyak Acara di Jalan MH Thamrin-Sudirman

Minggu, 30 Desember 2018 - 18:44 WIB
Malam Tahun Baru, DKI Gelar Banyak Acara di Jalan MH Thamrin-Sudirman
Malam Tahun Baru, DKI Gelar Banyak Acara di Jalan MH Thamrin-Sudirman
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dipastikan menggelar sejumlah acara pada malam pergantian tahun di ruas Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, Senin (31/12/2018). Terdapat empat panggung hiburan yang dimulai dari pintu Monas Barat Daya hingga Bundaran HI.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro, mengatakan, Pemprov DKI akan menggelar banyak acara mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat (pintu Barat Daya Monas), Jalan MH Thamrin (Bundaran HI), Jalan Jenderal Sudirman hingga Dukuh Atas. Seluruh rangkaian acara malam pergantian tahun dilaksanakan mulai pukul 19.00-24.00 WIB.

Seperti tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali melaksanakan kegiatan nikah massal di lapangan parkir Thamrin 10 dengan menghadirkan pendakwah Yan Gymnastiar atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, untuk memberikan nasihat pernikahan. (Baca juga: Nikah Massal di Malam Tahun Baru, Tiap Kelurahan Kirim Tiga Pasangan)

“Selain nikah massal, kali ini juga dilaksanakan itsbat nikah. Total keseluruhan peserta adalah 557 pasang, dengan rincian peserta nikah massal 221 pasang dan peserta itsbat Nikah 336 pasang. Peserta juga akan mendapatkan bingkisan serta uang sebesar Rp500.000,” ujar Asiantoro saat dihubungi, Minggu (30/12/2018).

Selain nikah massal, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan doa bersama untuk korban musibah tsunami di Pandeglang, Banten. Doa bersama akan dilakukan pada pukul 24.00 WIB bertempat di panggung utama Bundaran HI.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan empat panggung hiburan yang dimulai dari pintu Monas Barat Daya hingga Bundaran HI. Persisnya di Bundaran HI, pintu masuk Monas Barat Daya, perempatan ujung Jalan Kebon Sirih; dan perempatan ujung Jalan KH Wahid Hasyim.

Selain panggung hiburan, terdapat juga pertunjukan musik Tepi Barat dan Tepi Timur di sepanjang Jalan MH Thamrin. “Warga yang datang dapat menikmati bazar UMKM yang berasal dari perwakilan 44 kecamatan dan binaan UMKM (total 70 tenda) yang akan digelar di sekitar area depan lapangan parkir Thamrin 10,” jelasnya.

Adapun dasar hukum penyelenggaraan acara ini adalah Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 125/2018 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Acara Malam Pergantian Tahun Baru 2019.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menginformasikan kepada pengelola gedung-gedung sekitar Jalan M H Thamrin melalui Surat Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2228/-1.855.1 tertanggal 28 Desember 2018 hal Pemberitahuan Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2019.

Sebagai upaya memberi kenyamanan bagi masyarakat yang datang serta untuk mengkondisikan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas dan menutup jalan di lokasi acara secara bertahap mulai mulai pukul 17.00 hingga 01.00 WIB, dengan memperhatikan situasi di lapangan. (Baca juga: Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Malam Pergantian Tahun)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5355 seconds (0.1#10.140)