Pencuri Komplotan Perempuan, Kriminolog: Mereka Tunggu Korban Lengah

Senin, 17 Desember 2018 - 09:43 WIB
Pencuri Komplotan Perempuan, Kriminolog: Mereka Tunggu Korban Lengah
Pencuri Komplotan Perempuan, Kriminolog: Mereka Tunggu Korban Lengah
A A A
DEPOK - Seorang remaja di Bogor haru skehilangan handphone saat berbelanja di pusat perbelanjaan di Kota Bogor yang diduga digasak komplotan ibu-ibu.

Mengenai maraknya komplotan ibu-ibu yang melakukan aksi pencurian, kriminolog menilai karena sekarang ini tingkat kewaspadaan seseorang menurun jika sedang berbelanja. (Baca: Dipepet Tiga Perempuan Saat Berbelanja, Remaja Ini Kehilangan Handphone )

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Ferdinand Andi Lolo mengatakan, adanya sindikat pencurian yang dilakukan ibu-ibu dapat dilihat dalam dua hal.

Pertama, karena turunnya tingkat kewaspadaan seseorang. Ketika ini terjadi maka situasi demikian akan dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan.

"Karena mereka mencari kelengahan seseorang yang dianggap potensial untuk menjadi korban," katanya ketika dihubungi, Senin (17/12/2018).

Menurutnya, kasus yang terjadi di Bogor menjadi salah satu contoh dari turunnya tingkat kewaspadaan seseorang ketika berada di tempat umum. Dimana korban terlalu asik dan fokus pada satu hal tanpa mewaspadai lingkungan sekitar.

"Korban lebih terfokus pada barang barang dagangan yg mungkin hendak ia beli sehingga lupa memperhatikan harta bendanya," tukasnya.

Faktor Kedua adalah mudahnya perhatian/konsentrasi teralih. Misalnya korban dialihkan perhatiannya oleh salah satu anggota komplotan sehingga lupa sama sekali untuk tetap menjaga barangnya ditempat umum.

"Ini juga seringkali terjadi. Ketika perhatian teralihkan, korban seolah lupa dengan harta miliknya. Ini juga yang sering dimanfaatkan pelaku tindak kejahatan," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5816 seconds (0.1#10.140)