alexametrics

Tak Sanggup Bayar Tanah Warga, Pemkot Bogor Diminta Tutup Jalan R3

loading...
Tak Sanggup Bayar Tanah Warga, Pemkot Bogor Diminta Tutup Jalan R3
Seorang bocah tengah melintas di ruas Jalan R3 yang diblokade pemilik. Foto/Haryudi/SINDOnews
A+ A-
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor diminta menutup ruas Jalan Ring Road Regional (R3) atau Jalan Raya Kolonel Ahmad Syam di Kampung Bantarkemang Atas, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat 14 Desember 2018.

Hal tersebut sesuai putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bogor dengan nomor perkara 64/Pdt.G/2018/PN Bogor yang tertuang dalam akta perjanjian damai tertanggal 19 September 2018.

Penutupan jalan umum yang dibangun sejak 2014 silam itu jika dalam batas waktu (14 Desember 2018) sesuai putusan PN Bogor tak segera melakukan pembayaran ganti rugi lahan seluas 1.987 meter persegi milik Siti Khatijah, maka Jalan R3 harus ditutup.



Peluang jalan tersebut bakal ditutup sangat dimungkinkan, karena berdasarkan informasi, tahun ini pemkot memang tidak mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pembayaran sisa pembebasan lahan milik warga yang sudah berubah menjadi beton itu.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat membenarkan, pihaknya tak menganggarkan untuk pembebasan lahan milik Siti Khatijah yang sudah lebih dari empat tahun itu dijadikan sebagai akses utama warga tiga kecamatan (Bogor Utara, Bogor Tengah, dan Bogor Timur) itu.

"Sebetulnya, tahun ini kita sempat mengusulkan anggaran untuk pembebasan lahan itu, tapi enggak tahu kenapa DPRD Kota Bogor menolak atau tak menyetujuinya," jelasnya di Bogor, Kamis (13/12/2018).

Bahkan, pihaknya bingung, DPRD Kota Bogor malah menyetujui anggaran untuk appraisal dan biaya penutupan Jalan R3. Menurutnya, andai saja saat pengajuan di APBD Perubahan dan RAPBD 2019, DPRD Kota Bogor menyetujui usulannya, Pemkot yakin tak akan ada masalah, hingga terjadi penutupan jalan ini.

"Terkait appraisal saya sepakat tetapi kan ini untuk membayar berdasarkan hasil putusan pengadilan karena lahan itu sudah dipakai sekian tahun, dimanfaatkan dan dulu karena anggaran tidak mencukupi maka belum terbayar," terangnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor, Ahmad Aswandi mengatakan, sebaiknya Pemkot bijak dalam menyikapi permasalahan lahan Jalan R3 ini, bukan saling menyalahkan.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak