alexametrics

Kereta Kerja Anjlok, Perjalanan KA Jakarta-Bandung Lumpuh

loading...
Kereta Kerja Anjlok, Perjalanan KA Jakarta-Bandung Lumpuh
Kereta Api Argo Parahyangan yang ditumpangi Rima masih tertahan di tengah perjalanan. Foto: Ist
A+ A-
JAKARTA - Arus lalu lintas kereta api Jakarta- Bandung maupun sebaliknya, lumpuk, akibat kereta kerja anjlok di Km 154 + 8/9, tepatnya antara Stasiun Cilame dan Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018) pagi.

Salah satu pengguna Kereta Api Argo Parahyangan, Rima (25), mengaku sangat kecewa dengan kondisi ini. Sebab kondisi ini membuat ia terlambat tiba di tujuan.

Rima mengatakan, hingga pukul 13.00 masih menunggu perbaikan selesai. Padahal sesuai jadwal, ia semestinya tiba Stasiun Bandung pukul 10.25 WIB dari pemberangkatan dari Stasiun Gambir, Jakarta, pukul 07.15 WIB.

Atas kejadian ini, kata Rima, PT KAI menyarankan kepada penumpang agar melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi lain. Padahal, di stasiun terdekat, Stasiun Saksasaat, merupakan stasiun kecil di kawasan Sumur Bandung, Cipatat, Bandung Barat. Tidak ada transportasi di stasiun ini.

“Katanya tiga jam kelar, tapi sampai sekarang belum. Dari gerbong full di Eksekutif 6, sekarang tinggal delapan orang,” ujar Rima kepada SINDOnews, Sabtu siang.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus memebenarkan adanya peristiwa itu. Kejadiannya sekitar pukul 7 pagi tadi dan sedang ditangani oleh pihak Daop 2.

“Kami berupaya untuk sesegera mungkin mengevakuasi rintang jalan di lokasi agar perjalanan kereta api kembali normal. Kereta Penolong (NR) sudah berangkat dari Dipo Lokomotif Bandung untuk membantu mengevakuasi kereta kerja yang anjlok tersebut” ungkap Joni.

Sampai saat ini, kata Joni, terdapat tiga perjalanan kereta api Argo Parahyangan yang mengalami keterlambatan berangkat dan tiba.

Termasuk sejumlah kereta lainnya.

Kemungkinan keterlambatan jadwal datang dan berangkat akan berimbas juga pada kereta kereta lainnya dari Bandung menuju Jakarta atau sebaliknya.

“Sampai saat ini kami belum mengetahui penyebabnya karena masih dalam penyelidikan. Namun dipastikan akan ada investigasi serius dan mendalam atas terulangnya kembali anjlokkan kereta kerja,” tuturnya.

Kondisi berbeda diungkapkan Senior Manager Humas Daop 1 PT KAI, Edi Kuswoyo yang mengaku kondisi ini tidak mempengaruhi perjalanan Argo Parahyanan dari Jakarta. “Jakarta mah aman mas,” kata Edi singkat.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak