Pemprov DKI Disarankan Lakukan Penataan Kawasan Pantai Utara Jakarta

Rabu, 05 Desember 2018 - 07:10 WIB
Pemprov DKI Disarankan Lakukan Penataan Kawasan Pantai Utara Jakarta
Pemprov DKI Disarankan Lakukan Penataan Kawasan Pantai Utara Jakarta
A A A
JAKARTA - Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menyarankan agar Pemprov DKI bisa mengadakan penataan Pantai Utara (Pantura) Jakarta.

"Selain itu, penataan ulang kawasan Pantura seperti pemindahan kawasan industri besar keluar DKI (Bodetabek), membatasi kendaraan besar yang melintasi Pantura truk-truk kontainer (dialihkan berbasis rel KA yang langsung thub ke pelabuhan Tj Priok) agar tekanan beban ke tanah (pemadatan dan penurunan muka tanah dapat dikurangi)," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Selasa (4/12/218).

Ia menjelaskan, NCID pada dasarnya ini kepada membentengi daerah Pantura terhadap kenaikan permukaan air laut 2-4 Cm/tahun akibat pemanasan dan pelelehan kutub.

Berdasarkan hasil penelitian mikro gravitasi empat dimensi (4D) antara tahun 2014 dan 2018 terindikasi telah terjadi penurunan permukaan tanah hampir di semua kawasan di daerah Jakarta Utara.

"Laju penurunan rata-rata sekitar 11 Cm (centimeter) per tahun," ungkap Peneliti Universitas Indonesia, Syamsu Rosid dalam keterangannya yang diterima media, Selasa (4/12/2018).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8303 seconds (0.1#10.140)