Penyelundupan Narkoba Jalur Laut Subur karena Banyaknya 'Jalur Tikus'

Senin, 26 November 2018 - 19:40 WIB
Penyelundupan Narkoba Jalur Laut Subur karena Banyaknya Jalur Tikus
Penyelundupan Narkoba Jalur Laut Subur karena Banyaknya 'Jalur Tikus'
A A A
JAKARTA - Polisi Resort Metro Jakarta Barat berhasil mencegat penyelundupan dua karung narkoba di pelabuhan rakyat di Bojonegoro, Cilegon, Banten. Diketahui, di Banten terdapat ratusan pelabuhan rakyat yang menjadi jalur tikus penyelundupan narkoba yang sulit terpantau.

Kasie Penjagaan dan Pendidikan (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) KSOP Banten, Gunawan Aritongan mengakui pelabuhan rakyat masih menjadi masalah pihaknya.

Di Banten sendiri pelabuhan semacam ini sekitar ratusan dan sulit dalam melakukan pengawasan. “Tidak semua tercover, karena polanya masih tradisional. Begitu ada pantai disitu perahu bersandar,” kata Gunawan kepada wartawan, Senin (26/11/2018).

Termasuk pelabuhan Bojonegoro ini, kata Gunawan, pelabuhan ini merupakan rawa rawa kosong yang kemudian hutan mangrovenya ditebang oleh warga. Pelabuhan ini telah ada beberapa tahun lalu dan dimanfaatkan oleh warga untuk mengangkut orang dan transaksi ikan.

“Bisa dibilang legal-ilegal, karena satu sisi pemberangkatan penumpang disana tanpa manifesto,” katanya. (Baca: Polres Jakarta Barat Amankan Dua Karung Narkoba )

Meski demikian terhadap masuknya narkoba, Gunawan beralasan sumber daya manusia terbatas menjadi alasannya. Ia pun tak melakukan pelegalan pelabuhan karena membutuhkan izin khusus untuk pendirian pelabuhan.

Karena itu, mengantisipasi kejadian ini, KSOP berencana akan mengintensifkan patroli dengan beberapa instansi terkait seperti TNI AL, Polisi Air, dan beberapa instansi lainnya. Razia-razia akan dilakukan pihaknya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4249 seconds (0.1#10.140)