Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Gelar Kajian Ramadan dan Doa Bersama untuk Palestina

Minggu, 17 Maret 2024 - 17:30 WIB
loading...
Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Gelar Kajian Ramadan dan Doa Bersama untuk Palestina
DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) menggelar kajian Ramadan jelang berbuka puasa, Jumat (15/3/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) menggelar kajian Ramadan jelang berbuka puasa. Dalam kegiatan yang didukung AQUA tersebut turut dilangsungkan doa bersama untuk Palestina.

Lebih dari 300 mahasiswa UI menghadiri kajian dan doa bersama yang dilaksanakan pada Jumat (15/3/2024) tersebut. Hadir sebagai pembicara antara lain, Ustaz Hafiz Kurniawan, Nurul Dina Rahmawati, dan moderator Maman Suherman, pegiat sosial sekaligus influencer. Kegiatan ini selain menjalin tali silaturahmi juga menjadi ajang berbagi informasi terkait kesehatan dan lingkungan selama menjalankan ibadah puasa.

Ustadz Hafiz Kurniawan mengatakan Ramadan adalah momen untuk membangun kesadaran ummat dan membangun kepedulian terhadap lingkungan sosial. "Ramadan harus menjadi pendorong bagi kita untuk membangun kembali kesadaran yang selama ini terabaikan seperti kesadaran terhadap lingkungan, sosial dan kesehatan kita sendiri," katanya dalam keterangan tertulis dikutip, Minggu (17/3/2024).

Dalam tausiyahnya, Ustaz Hafiz Kurniawan juga mendoakan umat Islam di Palestina. "Doa bersama adalah soal kemanusiaan. Dengan cara ini kita dapat memberikan perhatian untuk masyarakat di Gaza, bagaimana agar anak-anak, perempuan, lansia, dan masyarakat di Palestina pada umumnya mendapatkan hak-hak sipilnya," katanya.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Nurul Dina Rahmawati yang hadir memberikan materi mengenai kesehatan di bulan puasa mengingatkan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi tubuh selama berpuasa. "Saya berharap temen-teman mahasiswa bisa lebih sadar lagi dalam pemenuhan gizi seimbang, tidak lagi hanya memperhatikan karbohidrat dan protein, tapi juga buah dan sayur, beraktivitas fisik, minum air putih yang cukup dan mengelola stress," katanya.

Menurutnya, hal yang sering terabaikan saat berpuasa adalah status hidrasi. "Meskipun sedang berpuasa, bukan jadi halangan untuk memenuhi asupan air minum kita dengan memastikan 8 gelas sehari, yang bisa dipenuhi saat sahur, berbuka hingga menjelang tidur," kata Dina.

Safari Ramadan bersama DKM Masjid Ukhwah Islamiyah UI merupakan upaya AQUA untuk memastikan kecukupan hidrasi di saat Ramadan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kajian interaktif mengenai isu-isu terkini tentang kesehatan dan lingkungan dan juga disertai doa bersama untuk Palestina ini berlangsung di berbagai masjid di Tanah Air.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)