Aksi Pasukan Sapu Bersih Bersama Kang Sendi Bantu Wujudkan Kota Bogor yang Bersih

Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:57 WIB
loading...
Aksi Pasukan Sapu Bersih Bersama Kang Sendi Bantu Wujudkan Kota Bogor yang Bersih
Sebanyak 20 anggota Pasukan Sapu Bersih Kang Sendi dikerahkan untuk bersih-bersih sampah di pinggiran sungai di Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (9/3/2024). FOTO/IST
A A A
BOGOR - Sebanyak 20 anggota Pasukan Sapu Bersih Kang Sendi dikerahkan untuk bersih-bersih sampah di pinggiran sungai di Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, akhir pekan lalu. Gerakan ini didedikasikan tidak hanya untuk kebersihan, tetapi juga untuk membantu mewujudkan Kota Bogor yang lebih bersih lagi.

Ketua Umum Kawani Bogor Sendi Fardiansyah berterima kasih kepada pihak yang telah mengizinkan dan ikut bekerja sama dalam gerakan ini. "Hatur nuhun kepada Pak RW, Pak RT, dan warga setempat yang telah mengizinkan kami untuk melakukan gerakan Sapu Bersih di kampung ini. Tentunya tujuan dari gerakan ini adalah sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Kota Bogor dan membangun serta mewujudkan Bogor bersih, indah dan nyaman," kata Sendi dalam keterangannya dikutip, Jumat (15/3/2024).

Sendi menyampaikan rasa syukurnya karena beberapa waktu lalu Kota Bogor berhasil meraih Piala Adipura untuk kedua kalinya, sehingga penting untuk mempertahankan prestasi tersebut dengan bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat. Untuk diketahui, Adipura adalah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bagi kota di Indonesia yang berhasil mengelola lingkungan dan kebersihan wilayahnya.

"Alhamdulillah Kota Bogor telah mendapatkan Piala Adipura untuk kedua kalinya secara berturut-turut sejak 2023, mudah-mudahan bisa ditingkatkan menjadi Adipura Kencana. Namun, perlu diketahui bahwa di beberapa wilayah masih banyak tumpukan sampah bahkan fasilitas yang belum memadai. Peran kita sebagai warga Kota Bogor adalah bergerak bersama masyarakat, komunitas bahkan pemerintah untuk membersihkan wilayah-wilayah tersebut," katanya.

Sendi Fardiansyah berharap gerakan ini bisa terus dilaksanakan dan menyebar di berbagai wilayah Kota Bogor. Sebagai bentuk apresiasi, Sendi Fardiansyah juga telah menyumbangkan gerobak sampah supaya dapat membantu warga setempat untuk lebih mudah mengangkut sampah.

Pasukan Sapu Bersih dan warga setempat juga mengucapkan terima kasih karena telah membantu kampung ini menjadi lebih bersih lagi. "Kami sangat senang dan sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari Pasukan Sapu Bersih. Hari ini kami telah membersihkan pinggir sungai Kampung Ciheuleut dan menghasilkan sampah yang cukup banyak. Alhamdulillah akhirnya tempatnya bisa lebih bersih dan nyaman," ucapnya.

Berdasarkan hasil laporan reduksi sampah yang masuk ke TPS 3R Rangga Mekar per 10 Maret 2024 menunjukkan beberapa jenis sampah dengan jumlah yang berbeda diantaranya :

‌1. Residu dengan jumlah 345 kg berjenis pampers, kantong plastik, plastik kemasan basah-kotor, dan styrofoam
‌2. Residu kering atau pembakaran dengan jumlah 69 kg berjenis plastik kemasan kering, kayu, dan styrofoam
‌3. Organik dengan jumlah 534 kg berjenis serabut dan batok kelapa, daun pisang dan gedebog, lumpur, rumput, dan kayu
4. ‌Anorganik dengan jumlah 17 kg berjenis kertas/kardus, kaleng, botol, gelas plastik dan beling

Aksi Pasukan Sapu Bersih ini telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 965 kg. Hasil tersebut menunjukkan keseriusan dan keberhasilan Pasukan Sapu Bersih dalam menjaga kebersihan di Kampung Ciheuleut untuk merealisasikan Kota Bogor yang indah, bersih dan nyaman.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)