Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Pelabuhan Merak-Bakauheni saat Lebaran 2024

Kamis, 14 Maret 2024 - 18:35 WIB
loading...
Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Pelabuhan Merak-Bakauheni saat Lebaran 2024
Polri menyiapkan rekayasa lalin di Penyeberangan Merak-Bakauheni saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (14/3/2024). Foto: iNews Media/Ismet Humaedi
A A A
CILEGON - Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas di Penyeberangan Merak-Bakauheni saat Lebaran 2024 . Pengelolaan angkutan lebaran dan transportasi yang menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan, serta Bandar Bakau Jaya (BBJ) yang paling utama adalah sinergi dan kolaborasi.

"Arus lalu lintas menuju penyeberangan baik itu Merak, Ciwandan, BBJ begitu juga di Bakauheni Lampung kita sudah siapkan mulai dari situasi normal pembagian untuk kendaraan ke Merak, kendaraan roda dua, kemudian ke BBJ golongan 8 dan 9 angkutan barang sudah kita siapkan," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (14/3/2024).



Terdapat beberapa rekayasa lalu lintas di Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ terutama pembagian kendaraan. Ketika terjadi situasi peningkatan kendaraan nanti diterapkan delaying system untuk mengatur arus masuk kendaraan menuju dermaga atau pelabuhan.

"Ketika situasinya meningkat kita akan berlakukan delaying system untuk mengatur kendaraan yang akan masuk ke dermaga atau pelabuhan sehingga kita siapkan buffer zone di di Cikuasa. Nanti ada lahan parkir di situ," katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno menyampaikan rapat teknis yang dilakukan untuk mempersiapkan dalam menghadapi kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Untuk aktivitas sama dengan tahun 2023 kita tetap menggunakan Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ)," katanya.

"Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dikhususkan untuk kendaraan golongan 7 dan 9, di Merak angkutan penumpang dan di Ciwandan sepeda motor," tambahnya.

Hendro mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakam akomodasi laut agar membeli tiket H-1 sebelum perjalanan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)