Dirut Sebut Naik MRT Lebak Bulus-Bundaran HI hanya Butuh 30 Menit

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 03:37 WIB
Dirut Sebut Naik MRT Lebak Bulus-Bundaran HI hanya Butuh 30 Menit
Dirut Sebut Naik MRT Lebak Bulus-Bundaran HI hanya Butuh 30 Menit
A A A
JAKARTA - Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta untuk rute Depo Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) telah diuji coba Pengujian Kesesuaian Sistem (System Acceptance Test), Kamis 23 Agustus 2018. Uji coba itu merupakan bagian dari proses testing dan comutioning.

"Di mana pada bagian ini dilakukan pengujian dan pemeriksaan seluruh sistem yang akan mengecek seluruh fungsi sistem, mulai dari rel kereta, signaling, komunikasi, power dan rolling stock," kata Dirut PT MRT Jakarta, William P Sabandar di Jakarta, Kamis 23 Agustus 2018.

Dia menambahkan, pengujian yang sedang berjalan bukan pengujian kereta, melainkan pengujian persinyalan menggunakan kereta yang rencananya akan dilakukan bertahap.

Mulai dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi. Proses ini terdiri dari tiga tahap, yakni tahap pertama di Depo MRT Lebak Bulus, tahap kedua Depo MRT Lebak Bulus–Stasiun MRT Cipete, dan tahap ketiga dimulai kemarin hari Senin 20 Agustus 2018 juga kemarin dari Depo MRT Lebak Bulus-Stasiun MRT Bundaran HI.

"Kemudian, pada akhir Desember 2018 akan dimulai fase trial run atau uji coba operasi. Uji coba operasi akan berlangsung selama tiga bulan sampai dengan bulan Maret 2019," lanjutnya.

William menambahkan, saat proses Pengujian Kesesuaian Sistem (System Acceptance Test) dari Depo MRT Lebak Bulus–Stasiun MRT Bundaran HI, kecepatannya masih rendah, maksimum 30 kilometer per jam, dan jalur bawah tanah dengan kecepatan 20 kilometer per jam, dengan waktu tempuh satu jam.

"Namun, pada saat beroperasi secara komersial, masa tempuh dari Depo MRT Lebak Bulus-Stasiun MRT Bundaran HI selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata berkisar 40-60 kilometer per jam," tuturnya. (Baca Juga: Anies Uji Coba MRT Ditemani Masinis Senior asal Jepang
Untuk diketahui, PT MRT Jakarta menyiapkan 16 set rangkaian kereta di mana 14 set rangkaian akan dioperasikan dan dua set akan disiagakan sebagai cadangan. Setiap satu set rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong dan sampai saat ini sudah terdapat 36 gerbong yang berada di Depo MRT Lebak Bulus.

Kedatangan rangkaian kereta akan dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2018. Proses pembangunan MRT fase satu ini telah dimulai pada 10 Oktober 2013 dan diperkirakan beroperasi penuh pada 1 Maret 2019. Fase satu terdiri dari tujuh stasiun jalur atas dan enam stasiun jalur bawah.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3986 seconds (0.1#10.140)