TPS 106 Cengkareng Belum Input Data tapi Sirekap Sudah Menangkan Prabowo-Gibran, Ini Kata KPU

Sabtu, 17 Februari 2024 - 16:37 WIB
loading...
TPS 106 Cengkareng Belum Input Data tapi Sirekap Sudah Menangkan Prabowo-Gibran, Ini Kata KPU
Keanehan perolehan suara di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari tempat pemungutan suara (TPS) 106, RT13/RW07, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat disorot usai viral di media sosial. Foto/SIN
A A A
JAKARTA - Keanehan perolehan suara di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari tempat pemungutan suara (TPS) 106, RT13/RW07, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat disorot usai viral di media sosial. Dalam video itu, hasil penghitungan suara di aplikasi Sirekap telah keluar meskipun petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) belum menginput data.

Narasi dalam video itu menjelaskan peristiwa terjadi di TPS 106, RT13/RW07, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Perekam mengaku belum menginput data di TPS tersebut.

"Data belum kita input tapi sudah ada hasil margin yang dimenangkan oleh pasangan nomor urut 2," bunyi video itu.

TPS 106 Cengkareng Belum Input Data tapi Sirekap Sudah Menangkan Prabowo-Gibran, Ini Kata KPU




Pada layar itu memperlihatkan kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan total suara mencapai 713. Menanggapi hal ini, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Sosialisasi Masyarakat pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan bahwa hasil perhitungan di TPS akan dilanjutkan ke tahapan hitung manual berjenjang.

Ia mengatakan bahwa data itu akan diperbaiki seiring perhitungan berjenjang dilakukan. "Hasil perhitungan suara di TPS masih akan dilanjutkan ke tahapan rekapitulasi berjenjang. Jika ada ketidaksesuaian data antara Sirekap dengan C Hasil, maka akan langsung dilakukan pembetulan di Sirekap," ucap Astri saat dikonfirmasi, Sabtu (17/2/2024).

Astri meminta masyarakat agar tak menerima mentah-mentah informasi yang beredar di media sosial. "Mengenai info-info yang ada di medsos sebaiknya jangan langsung kita terima, karena bisa saja realitanya berbeda dengan apa yang ditampilkan di medsos," ucapnya.

Dilihat MNC Portal Indonesia pada laman resmi real count KPU. TPS 106 RT 13 RW 07, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat belum memperlihatkan hasil perhitungan suara.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)