Avsec Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular dan Kadal Langka

Kamis, 31 Mei 2018 - 14:03 WIB
Avsec Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular dan Kadal Langka
Avsec Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular dan Kadal Langka
A A A
TANGERANG - Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menggagalkan upaya penyelundupan ular dan kadal langka yang dilakukan seorang warga negara Jepang bernama Imanishi Yusuke.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Erwin Revianto, mengatakan, jumlah ular yang disita dari calon penumpang Garuda Indonesia itu sebanyak 50 ekor. Sisanya adalah kadal sebanyak 10 ekor. Ada pun jenisnya merupakan hewan langka yang harus dilindungi.

Upaya penyelundupan hewan langka itu terjadi pada Selasa (29/5/2018) lalu sekitar pukul 07.15 WIB. Saat itu petugas curiga dengan gerak-gerik pelaku.

“Petugas Avsec mendapati tampilan dari barang bawaan penumpang tersebut dilayar monitor X-ray yang terlihat mencurigakan. Belum lagi gerak-gerik penumpangnya yang seperti orang ketakutan,” ujar Erwin dalam keterangan persnya yang diterima SINDOnews, Kamis (31/5/2018).

Guna memastikan barang bawaan pelaku, petugas operator menginstruksikan kepada petugas pemeriksa barang untuk melakukan pemeriksaan barang.

“Setelah dilakukan pemeriksaan didapati dua keranjang yang ditutup kardus dan dilakban. Setelah dibuka terdapat bungkusan plastik yang berisi ular dan kadal,” jelas Erwin.

Sekitar pukul 07.30 WIB, penumpang lalu dibawa ke ruangan petugas untuk dipastikan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan dipastikan terdapat tujuh bungkus plastik yang di antaranya enam bungkus berisikan ular ukuran kecil berbagai warna, dan satu bungkus yang berisikan kadal.

Selanjutnya petugas menghubungi pihak Karantina untuk dilakukan serah terima dan diproses sesuai aturan yang berlaku.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4894 seconds (0.1#10.140)