Pengamanan Akses Darat dan Udara Bandara Soetta Diperketat

Kamis, 17 Mei 2018 - 22:50 WIB
Pengamanan Akses Darat dan Udara Bandara Soetta Diperketat
Pengamanan Akses Darat dan Udara Bandara Soetta Diperketat
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, memperketat sistem keamanan baik dari sisi darat dan udara. Ini dilakukan pasca-aksi teror yang terjadi di sejumlah kota di Indonesia.

Senior Manager of Aviation Security Rescue and Fire Fighting Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II, Tommy Hadi Bawono mengatakan, akses sisi darat dan udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus ditingkatkan keamanannya.

Tim dari K9 Brimob Polda Metro Jaya yang terdiri dari 10 tim turut diterjunkan dengan bertugas di sisi darat terminal serta di Gedung Transit Oriented Development (TOD). Seluruh pergerakan di Bandara Soekarno-Hatta juga telah terpantau CCTV dengan jumlah mencapai 1.900 unit.

Keberadaan CCTV ini sangat membantu petugas dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan Bandara Soekarno-Hatta. Peningkatan pengamanan di sisi darat terdiri dari area curbside, nonterminal building dan gedung parkir terminal.

“Kami bersatu melawan terorisme, melakukan patroli jalan kaki di sepanjang curbside. Begitu pun dengan gedung nonterminal, seperti gedung perkantoran di area pintu masuk dan keluar kendaraan,” kata Tommy Hadi Bawono dalam siaran pers yang diterima SINDOnews pada Kamis (17/5/2018).

Tommy menuturkan, total kekuatan personel pengamanan Bandara Soekarno-Hatta mencapai 4.020 personel. Terdiri dari Avsec, BKO TNI, serta security guard. “Belum termasuk dari pihak Polri,” tuturnya.

Begitu pun dengan jalan di perimeter dan sisi udara, Tommy melanjutkan, PT Angkasa Pura telah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait yang terlibat di dalam kegiatan sisi udara.

“Sisi udara memang harus clean and clear. Seluruhnya harus diperiksa baik peralatan kerja dan kendaraan di sana. Selain itu kami melakukan pengecekan parking stand sebelum pesawat tiba dan berangkat. Proses loading dan un-loading kargo pun ditingkatkan pengetatannya,” ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7451 seconds (0.1#10.140)