Keindahan Toleransi Warnai Perayaan Natal dan Tahun Baru di Apartemen Kalibata City

Minggu, 21 Januari 2024 - 21:21 WIB
loading...
Keindahan Toleransi Warnai Perayaan Natal dan Tahun Baru di Apartemen Kalibata City
Puncak perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, berjalan tentram dan penuh sukacita. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Puncak perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, berjalan tentram dan penuh sukacita.

Mengusung tema “Dan Di Atas Semuanya Itu, Kenakanlah Kasih, Sebagai Pengikat Yang Mempersatukan Dan Menyempurnakan”, momen perayaan kali ini diwarnai oleh keindahan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di lingkungan apartemen.

Ketua Persekutuan Oikoumene Umat Kristiani (POUK) Kalibata City Rudi menyampaikan, rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini dengan sangat baik sehingga jemaat yang hadir bisa beribadah dengan khidmat. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan kali ini juga menghadirkan seorang Romo yang didukung Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) dan Badan Pengelola.



“Kami dari POUK yang tergabung dalam Komunitas Umat Katolik Kalibata City mengucapkan terima kasih kepada Ibu Hj. Musdalifah Pangka selaku Ketua P3SRS atas jasa-jasanya dan Badan Pengelola yang tidak hentinya memberikan dukungan dan bergandengan tangan untuk menciptakan keharmonisan yang terwujud dalam acara hari ini dengan antusias warga yang luar biasa,” ujar Rudi.

Ketua P3SRS Hj. Musdalifah Pangka yang juga Pembina Warga Cinta Kalibata City menjelaskan, perayaan Natal dan Tahun Baru rutin dilaksanakan di Kalibata City selama 10 tahun belakangan. Hampir seluruh panitia acara merupakan warga Muslim yang menggambarkan tingginya tingkat toleransi dan kerukunan antarwarga dan umat beragama lingkungan Kalibata City.



“Begitu juga sebaliknya ketika memasuki bulan suci Ramadan yang dirayakan oleh umat Islam seperti buka puasa bersama, atau hari-hari besar Islam lainnya, mayoritas panitianya nonmuslim. Mewakili warga kami juga ucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah melaksanakan tugasnya sehingga semua berjalan baik. Ini lah bentuk toleransi beragama di Kalibata City,” jelas Hj. Musdalifah.

Tercatat perayaan itu dihadiri 400 jemaat kristiani hadir pada perayaan Natal dan Tahun Baru di Apartemen Kalibata City, salah satu site kelolaan Inner City Management (ICM). Acara ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan Natal yang telah dilaksanakan selama Desember 2023. Melalui tema yang membawa pesan tentang kasih, diharapkan dapat menjadi pengikat yang mempersatukan berbagai macam latar belakang suku, etnis dan agama yang ada di Kalibata City.

“Semoga ke depannya para warga di sini bisa menjalin hubungan yang lebih harmonis. Sesuai tema tahun ini, mari kita bersatu untuk mewujudkan Apartemen Kalibata City sebagai hunian yang nyaman dan aman bagi semua,” kata General Manager Kalibata City Martiza Melati.

Pendeta Fredy Nainggolan selaku perwakilan warga mengungkapkan sukacita atas rajutan kerukunan yang telah dibangun oleh seluruh warga Kalibata City selama ini. Meski di tengah-tengah ketidakpedulian antar manusia yang terjadi di luar sana dan berbagai isu negatif, warga Kalibata City bisa konsisten menghadirkan kerukunan umat beragama.

“Warga berharap dengan kepengurusan P3SRS yang baru serta Badan Pengelola, akan banyak hal yang dilakukan ke depan untuk membangun kerukunan umat beragama bagi warga Kalibata City,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)