Hari Konsumen Nasional, Sandi Ingatkan Waspada Saat Belanja Online

Jum'at, 20 April 2018 - 16:50 WIB
Hari Konsumen Nasional, Sandi Ingatkan Waspada Saat Belanja Online
Hari Konsumen Nasional, Sandi Ingatkan Waspada Saat Belanja Online
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengadakan pertemuan dengan Komunitas Konsumen Indonesia di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018. Dalam pertemuan itu Sandi menyinggung mengenai banyaknya penipuan yang dilakukan oleh pelaku usaha online atau e-commerce.

Karenanya, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam memilih penjual saat ingin membeli barang di situs online. "Saya mengingatkan kita semua untuk waspada sebelum membeli. Demikian juga yang di online. Karena interaksinya itu tidak langsung antara penjual dan pembeli," kata Sandi.

Politisi Partai Gerindra tersebut juga mengingatkan agar warga Jakarta melihat reputasi dari pelaku bisnis online sebelum membeli. Jika reputasi yang dimiliki buruk, Sandi menyarankan untuk mengurungkan niat membeli dari penjual tersebut.

"Jadi make sure yang menjual itu punya reputasi. Make sure itu juga konsumennya itu terlindungi, konsumen itu dilayani, dan konsumen itu dihargai," ujarnya.

Pada Hari Konsumen Nasional ini, Sandi juga menegaskan bahwa setiap individu adalah konsumen. Karena itu, setiap pelaku usaha memiliki kewajiban untuk menghormati (to respect), melindungi (to protect), memenuhi (to fulfil) hak-hak setiap individu selaku konsumen.

"Kalau usaha kita membuat para konsumen merasa nyaman, tenang, dan tidak dirugikan, mereka pasti akan kembali lagi kepada kita. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri jika seorang pengusaha mempunyai pelanggan yang loyal,” tutup Sandi.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5652 seconds (0.1#10.140)