Longsor, Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer

Kamis, 29 Maret 2018 - 10:34 WIB
Longsor, Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer
Longsor, Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer
A A A
CIANJUR - Bencana tanah longsor menerjang Puncak Pas, Kampung Puncak RT03/01, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur pada Rabu 28 Maret 2018 sekitar pukul 20.45 WIB. Meski tak menimbulkan korban jiwa dan luka, longsor itu mengakibatkan empat kilometer (km) Jalur Puncak ditutup sementara bagi kendaraan roda empat besar (bus dan truk) dan kecil (sedan dan minibus).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dicky Saromi mengatakan, longsor dipicu oleh hujan deras yang melanda Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada Rabu.

"Longsor menyebabkan satu unit bangunan mess Kodam rusak berat dan jalan nasional Bogor-Cianjur tertutup. Tak ada laporan korban jiwa dan luka akibat peristiwa ini," kata Dicky melalui pesan singkat, Kamis (29/3/2018).

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan, longsor mengakibatkan Jalur Puncak ditutup sepanjang 4 kilometer (km). Penutupan dilakukan demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan. Di lokasi longsor sebelumnya sedang dilakukan renovasi bangunan dan pembuatan bronjong, namun akibat guyuran hujan deras terjadi longsor.

"Longsor berkedalaman kurang lebih 40 meter dengan panjang 120 meter," kata Soliyah melalui telepon seluler. (Baca Juga: Longsor di Puncak, Warga Diimbau Gunakan Jalur Alternatif Menuju Cianjur
Soliyah mengemukakan, pengalihan arus kendaraan dilakukan dari Cianjur, yakni dari simpang Hypermart. Sedangkan dari Bogor, penutupan dilakukan di Riung Gunung.

"Saat ini, penutupan di Pos Jabar 9 Ciloto, titik akhirnya di RM Bumi Akik. Masyarakat masih bisa berkunjung sampai dengan RM Bumi Akik, setelah itu ditutup ke arah Bogor," tuturnya.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jabar AKBP Sri Damar Alam menjelaskan anggota Unit PJR Jabar 9 Puncak berkolaborasi dengan jajaran Polres Cianjur melakukan penutupan jalur dan pengalihan arus kendaraan yang datang dari arah Cianjur untuk memutar balik ke arah Cianjur.

"Selanjutnya kendaraan diarahkan via Jalur Cianjur-Sukabumi Ciawi-Jakarta via Tol Jagorawi, kecuali penduduk setempat sebelum TKP longsor yang dapat melintas," kata Sri Damar Alam.

Sedangkan anggota Unit PJR Jabar 10 Ciawi berkolaborasi dengan jajaran Polres Bogor melakukan penutupan jalur dan alih arus kendaraan yang datang dari arah Jakarta akan menuju Bandung via Ciawi-Puncak.

"Rutenya dialihkan via jalur Ciawi-Sukabumi-Bandung via Cianjur, kecuali penduduk setempat yang berdomisili sebelum TKP longsor. Untuk anggota Unit PJR Jabar 8 Cianjur, berkolaborasi dengan Polres Cianjur mengalihkan kendaraan dari Bandung menuju Jakarta via Jonggol," tutur dia.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)