Ada Tabrakan Kereta di Cicalengka, Keberangkatan dan Kedatangan di Stasiun Gambir Tak Terganggu

Jum'at, 05 Januari 2024 - 13:00 WIB
loading...
Ada Tabrakan Kereta di Cicalengka, Keberangkatan dan Kedatangan di Stasiun Gambir Tak Terganggu
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyatakan, keberangkatan dari Stasiun Gambir tidak mengalami gangguan. Foto/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Kecelakaan kereta api terjadi di 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB. Kereta yang mengalami insiden nahas itu adalah KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung dengan Commuterline Bandung Raya.

Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyatakan, keberangkatan dari Stasiun Gambir tidak mengalami gangguan. Jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan berjalan sebagaimana mestinya.

"Kalau keberangkatan Stasiun Gambir aman," kata Ixfan saat dihubungi MNC Portal, Jumat (5/1/2024).





Begitu pula dengan kedatangan di Stasiun Gambir. Ixfan menekankan tidak ada keterlambatan kedatangan kereta.

Irfan melanjutkan, gangguan sedikit terjadi di Stasiun Pasar Senen. Menurutnya, dua perjalanan KA 252 dan KA 256 Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto dilakukan rekayasa pola operasi dengan jalan memutar melalui Cikampek – Cirebon Prujakan – Prupuk – Purwokerto. Sedangkan KA 268 Cikurai relasi Pasar Senen – Garut pulang pergi dibatalkan.

Pantauan di lokasi, aktivitas penumpang di Stasiun Gambir pun seperti biasa. Tidak ada penumpukan penumpang yang terjadi.

Mayoritas dari penumpang saat ini menunggu di kursi tunggu menanti keberangkatan kereta yang akan mereka tumpangi.

Kronologi Kecelakaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyampaikan permohonan maaf atas Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya pagi ini, Jumat (5/1/2024).

Kronologi awal kecelakaan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya terjadi pada pukul 06.03 WIB di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka. Diketahui, kecelakaan terjadi di petak Cicalengka - Haurpugur, dekat Sinyal Masuk pihak Haurpugur.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun MNC Portal sebanyak tiga gerbong Commuterline Bandung Raya yang anjlok dan sebanyak delapan gerbong KA Turangga yang anjlok. Hingga saat ini, KAI masih melakukan evakuasi.

“Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan resminya, Jumat (5/1/2024).

Selanjutnya, kata Agus KAI akan melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

“KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)