Hujan Deras Guyur Jakarta, Kawasan Ceger hingga Kemang Terendam Banjir

Kamis, 04 Januari 2024 - 18:15 WIB
loading...
Hujan Deras Guyur Jakarta, Kawasan Ceger hingga Kemang Terendam Banjir
Hujan deras yang mengguyur Jakarta membuat kawasan Kemang, Jakarta Selatan terendam banjir. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Jakarta membuat 5 RT tergenang banjir mulai dari kawasan Kemang, Jakarta Selatan hingga Ceger, Jakarta Timur.

"BPBD mencatat berdasarkan data pukul 16.00 WIB, saat ini terdapat 5 RT atau 0.016% dari 30.772 RT dan 6 ruas jalan tergenang," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, Kamis (4/1/2024).

Menurutnya, wilayah yang tergenang air dan kebanjiran tersebut yakni 5 RT di Jakarta Selatan berada di Kelurahan Pejaten Barat sebanyak 2 RT dengan ketinggian 150 cm, lalu di Kelurahan Kalibata sebanyak 1 RT dengan ketinggian air 60 cm.



Selain itu, di Kelurahan Pela Mampang sebanyak 2 RT dengan ketinggian air mencapai 60 cm. Genangan terjadi karena curah hujan tinggi.

"Ada 6 ruas jalan yang tergenang yakni Jalan Taman Kemang, (kawasan Jalan Kemang Raya Kem Chicks) Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dengan ketinggian 40 cm. Lalu Jalan Empang 3 RT 01/01, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm," tuturnya.



Kemudian, Jalan AUP Depan Bank BNI Pasar Minggu, Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 20 cm, Jalan Kemang Utara IX, Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan dengan ketinggian air mencapai 40 cm.

Begitu juga di Jalan Pelita No.5, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dengan ketinggian 20 cm, dan Jalan Perjuangan Ceger, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dengan ketinggian 30 cm. "Jalan Tergenang yang sudah surut di Jalan Pinang Ranti II, Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur," katanya.

Isnawa menyebut, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)