BerChanting Bersama Utara: Meriahkan Hari Ibu dengan Batik Bersama Penyandang Disabilitas

Minggu, 24 Desember 2023 - 10:58 WIB
loading...
BerChanting Bersama Utara: Meriahkan Hari Ibu dengan Batik Bersama Penyandang Disabilitas
BerChanting Bersama Utara menggelar sesi foto setelah acara di pusat perbelanjaan By The Sea, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ikatan Abang None Jakarta Utara menggelar acara dengan menggandeng penyandang disabilitas untuk meramaikan perayaan Hari Ibu 2023. Sebuah fashion show istimewa bertajuk "BerChanting Bersama Utara" yang diselenggarakan di pusat perbelanjaan By The Sea, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2023).

Acara ini dimeriahkan 6 desain UMKM Batik yakni Batik Marunda, Batik Sunter Nirmala, Batik Koja, Batik Maryam, Batik Nona Rara, dan Afsyara Gallery. Mereka memperkaya panggung dengan karya-karya yang memukau, mencerminkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Tema ini menjadikan wujud nyata dari pesan inklusi sosial dan sebagai wadah berekspresi teman-teman penyandang disabilitas. Pertunjukan mode ini melibatkan 50 model, termasuk anggota komunitas disabilitas Jakarta, finalis Abang None Jakarta Utara, serta kaum ibu.



Selain itu juga dimeriahkan Humaniora Indonesia dan Rumah Harapan Indonesia menjadi yayasan disabilitas dan rumah singgah anak-anak penyintas kanker.

Acara ini digelar untuk menunjukkan bahwa Abang None Jakarta Utara yang punya segi positif dalam kegiatan yang dilakukan dalam program tahunan.

Semua acara ini digagas Salma Alliyah sebagai ketua pelaksana dan juga None Jakarta Utara 2023 dalam penyusunan rencana, kerja sama dengan beberapa pihak dan media partner sekaligus.

“Alhamdulillan berjalan lancar dan sukses selama fashion show serta banyak yang terharu karena kita mengangkat karier ibu dan para komunitas disabilitas sebagai wadah berekspresi mereka. Para ibu di balik sosok teman-teman adalah sosok ibu yang hebat dan juga ibu-ibu dari abang none,” ujar Salma.

Acara ini didukung dari beberapa pihak yaitu Shinta Nindyawati, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Utara, Prasetyo selaku Ketua Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) 2023, Abang None dari wilayah lain, serta beberapa pihak sponsor dan media partner.

“Ini acara sangat positif sekali dan saya apresiasi dengan acara yang digagas Abang None Jakarta Utara. Dan acara ini perlu dinaikkan ke program kerja IANTA tiap tahunnya. Terima kasih kepada pemerintah yang mendukung, sponsor, media partner dan semuanya dalam menyukseskan event ini,” kata Ketua IANTA 2023 Prasetyo.

Di balik kesuksesan ini tidak lepas dari Ketua Ikatan Abang None Jakarta Utara 2023 Jihan Amirah Rafidah yang sebelumnya menjadi None Jakarta Utara 2019 yang bersama-sama memberikan terbaik untuk acara ini sampai tuntas.

“Alhamdulillah acara ini selesai lancar dan dijalankan serta sangat sukses. Dari amanah ketua IANTA 2023, insyaallah kita sanggup mengkolaborasikan ini secara lebih besar lagi. Untuk ke depan kita akan mengevaluasi semuanya untuk program kerja Abang None Jakarta Utara di tahun 2024,” ujar Jihan.

Pihaknya juga mengandeng 6 desainer, salah satunya Afsyara dari Afsyara Gallery yang sangat bangga bisa berpartisipasi dengan acara luar biasa ini. “Saya harap ke depannya semoga batik Jakarta Utara bisa disebarluaskan lagi serta jangkauannya ke seluruh Indonesia dan luar negeri. Saya juga bangga karena model di catwalk itu dari kawan-kawan juga dan yang luar biasa adalah dari komunitas disabilitas,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)