Tim PKM Unpak Bogor Dampingi UMKM Tingkatkan Mutu Produk Bakery

Rabu, 20 Desember 2023 - 10:06 WIB
loading...
A A A
Keenam, membuat catatan dan dokumentasi. Setiap tahap produksi bakery harus didokumentasikan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan diuji keabsahannya.

Ketujuh, melakukan verifikasi dan sertifikasi. UMKM diajarkan untuk mengikuti proses verifikasi dan sertifikasi terkait penerapan HACCP agar produk mereka mendapatkan pengakuan yang lebih luas.

Selain penerapan HACCP, kata Erniyati, Program PKM ini juga memasukkan unsur sosialisasi melalui media online. Menurutnya, di era digital seperti saat ini, internet memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat luas.

"UMKM didorong untuk menggunakan media online seperti website, media sosial, dan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar dan mempromosikan produk mereka," katanya.

Media online juga digunakan untuk sosialisasi mengenai pentingnya keamanan pangan dan manfaat penerapan HACCP. Informasi-informasi yang relevan tentang kebersihan, sanitasi, pengolahan bahan baku, hingga cara memilih dan menyimpan produk bakery yang baik dapat disampaikan kepada masyarakat melalui berbagai konten yang menarik.

Erniyati berharap melalui pendampingan, pelatihan, serta sosialisasi media online, UMKM Bakery Soes Legend dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan aman dikonsumsi oleh masyarakat luas serta memberikan dampak positif pada UMKM di sektor bakery lainnya.

"Dengan demikian, program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi UMKM, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)