Pilkada Kota dan Kabupaten Tangerang Berpotensi Calon Tunggal

Sabtu, 30 Desember 2017 - 07:15 WIB
Pilkada Kota dan Kabupaten Tangerang Berpotensi Calon Tunggal
Pilkada Kota dan Kabupaten Tangerang Berpotensi Calon Tunggal
A A A
BANTEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat tiga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Provinsi Banten berpotensi calon tunggal. Ketiga daerah tersebut yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak.

Komisioner KPU Banten Saeful Bahri mengatakan, potensi calon tunggal di tiga daerah tersebut sudah terlihat dari sudah banyaknya partai politik yang mendeklarasikan dukungan kepada calon incumbent.

"Semua pimpinan parpol di Kota Tangerang mendukung calon incumbent (Arief-Sachrudin). Termasuk di Kabupaten Tangerang Bupati Zaki dan calon wakilnya Romli sudah didukung semua parpol," kata Saeful pada Jumat, 29 Desember 2017 kemarin.

Untuk di Pilkada Lebak, saat ini KPU sedang menunggu putusan dari Panwaslu terkait adanya gugatan dari pasangan bakal calon independen. Bilamana gugatan tidak diterima, maka pesta demokrasi di Tanah Multatuli terancam hanya pasangan Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi yang maju.

Meskipun berpotensi calon tunggal, KPU di tiga daerah tersebut akan memperpanjang masa pendaftatan selama tiga hari, dan terus melakukan sosialisasi guna menghindari calon tunggal. "Jika sudah dilakukan perpanjangan tidak ada calon lain yang mendaftar. Maka, peraturan KPU yang mengatur calon tunggal berlaku," ujarnya.

Untuk diketahui, di Pilkada Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Sachrudin yang sudah memenuhi syarat kursi dukungan dari jalur parpol. Di Pilkada Kabupaten Tangerang pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli juga dipastikan maju.

Kemudian di Kabupaten Lebak calon petahana Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi sudah didukung hampir semua partai yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Hanura, PKB, Gerindra, PDIP.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9782 seconds (0.1#10.140)