Malam Tahun Baru, Warga Dilarang Parkir Kendaraan di Jalan

Kamis, 28 Desember 2017 - 00:41 WIB
Malam Tahun Baru, Warga Dilarang Parkir Kendaraan di Jalan
Malam Tahun Baru, Warga Dilarang Parkir Kendaraan di Jalan
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pastikan tidak ada kendaraan yang terparkir di badan jalan pada perayaan malam pergantian tahun baru 2017-2018 di Jalan Thamrin-Monas, Jakarta Pusat. Gedung parkir di lokasi perayaan Thamrin-Monas akan dimaksimalkan.

Wakil Kepala Dinas perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjiatmoko mengatakan, dalam pergantian tahun 2017-2018 akan ada banyak kegiatan warga di Jakarta. Untuk itu, pihaknya menggelar tactical floor game sebagai upaya memberikan pemahaman yang komprehensif kepada petugas seluruh jajaran Dishub, baik dari dinas maupun suku dinas dan satuan pelaksana di tingkat kecamatan.

Selain memaksimalkan park and ride Blok M, Jakarta Selatan dan Jalan Cengkeh, Taman Sari, Jakarta Barat, Sigit menyebutkan, pihaknya juga akan mengkoordinasikan pemilik gedung di sekitaran perayaan.

"Yang paling utama adalah akses untuk parkir kendaraan. Kita sedemikian rupa tidak menggunakan parkir di badan jalan, tapi akan berkoordinasi dengan kantor-kantor, gedung-gedung yang ada di kawasan sekitar Monas untuk bisa digunakan sebagai akses parkir," kata Sigit di salah satu gedung Dinas Perumahan dan Pemukiman DKI Jakarta, Rabu 27 Desember 2017.

Sigit menjelaskan, perayaan malam Tahun Baru murah dan gratis di Monas bukan hanya milik warga Jakarta, tapi juga warga sekitar Jakarta. Untuk itu, pihaknya harus siap, baik secara personel, peralatan ataupun dukungan yang lainnya. Dia menyebut, sedikitnya ada 800 personel yang akan dilibatkan dalam penertiban arus lalu lintas perayaan malam Tahun Baru 2018.

Untuk operasional Bus Transjakarta, lanjut Sigit, semaksimal mungkin tetap akan beroperasi tanpa pengalihan. Sebab, dengan adanya park and ride di blok M dan Jalan Cengkeh, pengunjung malam perayaan bisa memanfaatkan Bus Transjakarta.

"Kami akan melakukan rekayasa lalin sesuai dengan eskalasi dan kontigesi keadaan. Artinya, kalaupun harus ada pengalihan dan penutupan, tentunya berjenjang, tidak hanya berada di kawasan seputaran Monas, tapi bisa lebih jauh ya, utamanya akses-akses yang menuju ke Monas," ungkapnya.

Sekertaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menyatakan, akan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno beserta aparat lainya berkumpul dahulu di Balai Kota DKI Jakarta sebelum menuju ke panggung utama perayaan malam tahun baru di Bundara HI.

Dari situ, lanjut Saefullah, menuju Park and Ride Thamrin 10, Thamrin, Jakarta Pusat persis di sebelahnya Hotel Sari Pan Pacific. Di situ akan ada nikah massal, kemudian ada hiburan dan bazaar kuliner. (Baca Juga: Malam tahun baru di Depok tanpa kembang api
"Dari situ Pak Wagub akan menuju Ancol. Karena Pak Wagub pergantian tahun akan di Ancol. Gubernur akan langsung ke Monas. Di Monas diperkirakan akan tiba pukul 23.30 WIB, Gubernur akan disambut palang pintu tradisional dari Betawi dan kemudian mengikuti rundown acara yang sudah disusun sampai pukul 00.00 WIB dan nanti perhelatan akan berakhir 00.30 WIB," ungkapnya.

Asisten Pemerintahan Setda DKI Jakarta Bambang Sugiyono sebelumnya mengatakan, acara pada malam Tahun Baru 2018 akan digelar di setiap kota di Jakarta. Setiap daerah nantinya akan ada panggung perayaan.

Untuk kawasan Jakarta Pusat akan digelar di Monas dan di Jl MH Thamrin. Di Jakarta Selatan, acara akan digelar di Setu Babakan. Ada juga acara di TMII, Jakarta Timur, di kantor Wali Kota Jakarta Barat dan di Taman BMW.

"Kalau di wilayah-wilayah itu kan hiburan-hiburan, kesenian, itu saja. Cuma kalau yang di tingkat provinsi, yang di Thamrin itu kan ada nikah massal itu," ungkapnya. (Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Pelajar Jalan Kaki Sejauh 2 Km
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI sudah merancang 6 lokasi acara malam tahun baru di Jakarta. Ada berbagai acara di tiap lokasi berdasarkan data dari Disparbud DKI. Inilah daftarnya :

1. Jakarta Pusat

Panggung Provinsi dibagi menjadi 5 panggung:
A. Panggung Utama (Bundaran HI)
- Rampak kendang
- Tari pelangi
- Band Seroja (musik Melayu)
- Lenong Sapri Botak (ft. Opie Kumis)
- Dangdut
- Band Jiung
- Kuis berhadiah

B. Panggung Kecil 1 (Jl. Kebon Sirih)
- Keroncong
- Band Biang Kerok
- Lenong& Gambangkromong
- Organ tunggal
- Kuis berhadiah

C. Panggung Kecil 2 (Jl. Wahid Hasyim)
- Pop & Jazz
- Organ tunggal
- Lenong
- Kuis berhadiah

D. Panggung Nikah Massal (Thamrin 10)
- Nikah massal
- Gambus
- Band Seroja (?)
- Tanjidor (?)
- MC: Almira
- Kuis berhadiah

E. Panggung Indosiar (Monas)

Disiarkan oleh INDOSIAR
- Rhoma Irama & Soneta
- Rita Sugiarto
- Erie Suzan
- D’Academy
- MC: Indra Bekti, Ramzi, Irfan
Hakim
- BintangPantura All Stars
- RampakBedug& Pawai Budaya
- Taritopeng& Ondel-ondel
- Pedagangkerak telor

2. JAKARTA UTARA dipusatkan di Jalan
Danau Sunter Selatan

Acara:
- Lomba bakar ikan
- Hiburan dari 6 kecamatan
- Tari-tarian
- Orkes Melayu
- Lenong
- Gambang kromong
- Dangdut
- Kuis berhadiah

3. JAKARTA BARAT dipusatkan di kantor
walikota

Acara :
- Tari Selamat Datang
- Qasidah
- Marawis
- Band
- Penampilan Abang & None
- Orkes Melayu
- Kuis berhadiah

4. JAKARTA SELATAN dipusatkan di Setu
Babakan

Acara:
- Tari Selamat Datang
- Dangdut
- Gambang Kromong
- Marawis
- Samrah
- Lenong
- Tari Betawi
- Kuis berhadiah

5. JAKARTA TIMUR dipusatkan di Taman
Mini Indonesia Indah

Acara:
- Tari-tarian
- Lenong
- Gambang kromong
- Wayang kulit
- Dangdut(penyanyi)
- Kuis berhadiah

6. KEPULAUAN SERIBU dipusatkan di
Pulau Pramuka

Acara :
- Lomba karaoke
- Lomba puisi
- Musik reggae
- Musik dangdut/melayu
- Tari-tarian
- Marawis
- MC Abang & None
- Kuis berhadiah‎.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4558 seconds (0.1#10.140)