Ditinggal Massa Reuni 212, Lapangan Monas Tetap Kinclong

Sabtu, 02 Desember 2017 - 14:51 WIB
Ditinggal Massa Reuni 212, Lapangan Monas Tetap Kinclong
Ditinggal Massa Reuni 212, Lapangan Monas Tetap Kinclong
A A A
JAKARTA - Ratusan ribu massa alumni aksi 212 hari ini memadati lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, untuk bereuni. Setelah beberapa jam diduduki massa, ternyata kebersihan Monas tetap terjaga. Bahkan rumput dan bunga-bunga di taman masih tertata rapi.

Hal itu terlihat setelah massa meninggalkan kawasan Monas seusai agenda reuni berakhir, Sabtu (2/12/2017) siang. Sama halnya dengan aksi-aksi bertajuk Bela Islam yang marak jelang Pilkada DKI Jakarta 2017 beberapa waktu lalu, massa selalu mengutip sampah seusai aksi berlangsung. Kebiasaan itu pun terulang saat Reuni 212 hari ini.

Saat aksi berakhir massa ikut memungut sampah-sampah-sampah seperti plastik, kertas, botol minuman lalu memasukkannya ke kantong hitam. Dan walaupun dipadati ratusan ribu orang, taman-taman Monas masih terlihat rapih dan terjaga.

Apalagi spanduk-spanduk imbauan agar peserta menjaga kebersihan disajikan dengan kata-kata humor. "Menantu idaman adalah yang bisa jaga kebersihan dan kerapihan taman," tulis spanduk tersebut.

Tim menamakan diri Laskar Pembela Islam (LPI) memang sudah ditugaskan untuk menjaga rumput-rumput di Monas agar tidak diinjak-injak oleh massa. "Dilarang untuk menginjak-injak rumput mas," kata Eko, seorang anggota LPI saat ditemui di kawasan Monas.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4836 seconds (0.1#10.140)