76 Guru Kena Tipu Investasi Bodong Kerugian Rp14 Miliar

Sabtu, 25 November 2023 - 12:46 WIB
loading...
76 Guru Kena Tipu Investasi Bodong Kerugian Rp14 Miliar
Sebanyak 76 guru mendatangi Polda Metro Jaya karena menjadi korban penipuan dengan modus investasi. Foto/MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Sebanyak 76 guru mendatangi Polda Metro Jaya , Sabtu (25/11/2023) di Jakarta Pusat. Mereka menjadi korban penipuan dengan modus investasi dengan kerugian mencapai Rp14 miliar.

Kedatangan para korban ini untuk melaporkan Direktur Utama PT Fadilah Insan Mandiri (FIM) berinisial MY bersama dua teman lainnya yakni M dan WW.

Salah satu kuasa hukum para guru, Mohammad Muchsin mengatakan, kejadian ini berawal saat puluhan guru yang mendekati masa pensiun ditawari investasi yang cukup menjanjikan dengan bagi hasil sekitar 4-5% setiap bulannya selama 2-5 tahun tergantung kesepakatan.

"Untuk dapat uang investasi ini pinjam di Bank dengan menggadaikan SK pensiunnya. Jadi setiap bulan mereka sudah dipotong bulanan kredit pinjaman banknya tapi ternyata janji bulanan investasi dari terlapor ini tidak juga terlaksana," kata Muchsin kepada wartawan di Polda Metro Jaya..

Menurut dia, puluhan guru itu rata-rata menyetorkan modal sekitar Rp100-500 juta. Namun bagi hasil hanya berjalan sekitar 1-2 bulan.



"Mereka merasa tertipu maka akhirnya berkali-kali menagih tidak juga berhasil dan sekarang melakukan laporan kepada kepolisian hari ini," ujarnya.

Muchsin menuturkan, total kerugian diperkirakan mencapai Rp14 miliar rupiah. Para korban pun berharap agar pihak kepolisian dapat membantu mereka menyelesaikan kasus tersebut.

Para terlapor yakni MY, M dan W dilaporkan dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dan atau 374 KUHP dan atau 3, 4, 5 UU No.5 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)