Polisi Libatkan Pakar Mikro Ekspresi Pelajari Foto Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo

Sabtu, 18 November 2023 - 21:23 WIB
loading...
Polisi Libatkan Pakar Mikro Ekspresi Pelajari Foto Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo
Foto Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo di salah satu lapangan bulu tangkis. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya memeriksa sejumlah saksi dan ahli untuk mengusut dugaan kasus pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Salah satu yang diperiksa adalah saksi ahli mikro ekspresi yang turut serta dilibatkan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dalam mengusut tuntas dugaan kasus pemerasan oleh pimpinan KPK.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, keterlibatan saksi ahli mikro ekspresi diperlukan dalam rangka mendalami foto pertemuan antara Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo yang beberapa waktu lalu masif beredar di jagat maya.



Menurutnya, penyidik tengah mempelajari ekspresi dari Firli dan Syahrul dalam foto pertemuan yang sempat mengguncangkan jagat dunia maya tersebut. "Betul (untuk pelajari emosi pada foto tersebut)," kata Ade saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).

Kendati telah melakukan serangkaian penyidikan, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya belum menetapkan tersangka dalam dugaan kasus pemerasan Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK. Hingga kini, penyidik gabungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah memeriksa nyaris 100 orang, termasuk Firli Bahuri sebagai saksi.

"Nanti kita update, yang jelas dari serangkaian perjalanan penyidikan kurang lebih satu bulan satu minggu hari ini, tim penyidik akan melakukan konsolidasi dan anev hasil sidik yang kita lakukan untuk menentukan langkah tindak lanjut penyidikan yang dilakukan," kata Ade Safri, Kamis (16/11/2023).



Untuk diketahui, beredar foto Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo di salah satu lapangan bulu tangkis. Dari foto itu, terlihat Firli mengenakan pakaian olahraga duduk bersebelahan dengan Syahrul dengan berpakaian kemeja disertai celana jeans berwarna biru. Dalam foto itu juga terlihat adanya interaksi antara Firli dan Syahrul Yasin Limpo.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tak menampik turut serta menerima pesan berantai terkait foto pertemuan Firli dengan Syahrul yang telah beradar luas di masyarakat. Ade Safri Simanjuntak mengaku pihaknya tengah mendalami sebaran foto pertemuan antara Firli dengan SYL itu.

"Terkait dengan foto yang beredar seputar pertemuan yang terjadi juga telah direkomendasikan dapam pelaksanaan gelar perkara yang dilakukan pada Jumat, 6 Oktober 2023 di ruang gelar perkara bagia Wassidik Ditreskrimsus Polda Metro jaya," kata Ade Safri dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Ade Safri menuturkan, pihaknya akan melakukan serangkaian pemeriksaan foto tersebut dalam penyidikan dugaan kasus pemerasan oleh pimpinan KPK tersebut.

"Untuk mendalami lebih lanjut di tahap penyidikan nantinya terkait dengan temuan dokumen foto dimaksud. Jadi terjawab bahwa ini masuk dalam materi penyidikan yang akan kami gali, akan kami cari buktinya untuk membuat terang tindak pidana yang terjadi," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)