alexa snippet

Lakukan Penipuan, Eks Gelandang Mitra Kukar Dicokok Polisi

Lakukan Penipuan, Eks Gelandang Mitra Kukar Dicokok Polisi
Mantan pemain Mitra Kukar Ndetou Blaise.Foto/SINDOnews/Ari Sandita Murti
A+ A-
JAKARTA - Mantan pemain Mitra Kukar Ndetou Blaise ditangkap petugas Polres Jakarta Selatan karena melakukan tindak pidana penipuan dengan modus bisa menggandakan uang dollar Amerika. Blaise melakukan perbuatan tersebut lantaran membutuhkan uang setelah tak ada klub sepak bola di Indonesia yang memakai jasanya.

Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Selatan AKBP Bismo Teguh mengatakan, Blaise yang merupakan eks pemain Mitra Kukar dan Persiba Balikpapan ini diringkus di Kemang, Jakarta Selatan. Pelaku melakukan kejahatan dengan cara membujuk korban menyerahkan uang dollar Amerika untuk digandakan.

"Pelaku mejanjikan bisa mengandakan uang dollar kepada korbannya. Pelaku sudah dua kali beraksi, di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Korban terakhir dirayu menyerahkan uang dollar Amerika sebanyak 7 lembar dengan pecahan 100 dollar," ujar Bismo pada wartawan di Mapolres Jakarta Selatan pada Kamis (19/10/2017).

Bsimo menuturkan, usai korban menyerahkan uang, pelaku menukarnya dengan dollar palsu. Untuk mengelabui korban, dollar palsu dimasukan ke seratus lembar kertas putih dan ditetesi cairan hitam agar pola uang dollar itu bisa terjiplak ke kertas putih itu.

‎"Selanjutnya tumpukan kertas itu dilakban dan diberikan ke korban. Korban diminta menunggu selama 8 jam agar dollar itu bisa tergandakan," tuturnya.

Korban baru menyadari ditipu pelaku setelah uang dollar tersebut idak ada perubahan. Merasa tertipu, korban akhirnya melaporkan kejadian itu ke Polres Jakarta Selatan.

"Dari dua korban itu, kerugiannya mencapai seribu dollar. Pelaku belajar menggandakan uang dari temannya, yang lebih dahulu ditangkap pada 2013 silam. Pelaku kami jerat pasal 378 KUHP dengan hukuman 8 tahun penjara," paparnya.

Sementara itu, Blaise mengaku melakukan kejahatannya itu karena terpaksa. Dia butuh uang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, apalagi sudah tak ada klub bola di Indonesia yang mengontraknya sebagai pemain."Di Indonesia sejak 2004. Dahulu sempat jadi gelandang sepak bola di Persiba dan Mitra Kukar," katanya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top