Kendaraan Listrik Kian Diminati, PLN Bekasi Hadirkan Promo Produk Layanan Home Charging

Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:54 WIB
loading...
Kendaraan Listrik Kian Diminati, PLN Bekasi Hadirkan Promo Produk Layanan Home Charging
PT PLN (Persero) terus memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Salah satunya layanan pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau home charging. Foto: Ist
A A A
BEKASI - PT PLN (Persero) terus memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Salah satunya melalui layanan pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau home charging.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi Redi Zusanto mengatakan sebagian besar penggunaan mobil listrik untuk mobilitas sehari-hari tidak lebih 100 km. Sementara, kapasitas baterai mobil listrik yang tersedia saat ini rata-rata mampu digunakan lebih dari 200 km.

Sehingga, pengisian daya kendaraan listrik mayoritas dilakukan di rumah pelanggan dibandingkan dengan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Ini membuat layanan home charging menjadi sangat penting untuk mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik.



“Mobil listrik saat ini layaknya handphone. Pengisian daya dilakukan pada malam hari di rumah masing-masing. SPKLU hanya digunakan ketika perjalanan jarak jauh,” ujar Redi, Kamis, 26 Oktober 2023.

PLN memberikan beragam promo bagi pengguna EV yang ingin memasang home charging atau pengisian daya dari rumah. Untuk itu, PLN menghadirkan insentif berupa diskon tarif sebesar 30 persen bagi pengguna kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya dari rumah atau home charging pada pukul 22.00-05.00.WIB.

"Ada harga spesial biaya penyambungan baru dan tambah daya bagi pengguna kendaraan listrik untuk pemasangan home charging di rumah. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2023," katanya.

Redi menuturkan promo Super Everyday dengan harga spesial penyambungan baru untuk pemasangan home charging sebesar Rp850 ribu dari harga normal sekitar Rp7,49 juta dengan daya hingga 7.700 VA (1 fasa).

Sementara, bagi pelanggan 3 fasa dengan pilihan daya akhir 13.200 VA hanya membayar Rp3,5 juta dari harga normal berkisar Rp14,6 juta. Selain itu, terdapat juga promo Electrical Vehicle Home Charging Service (EVHCS) seharga Rp150 ribu untuk biaya tambah daya hingga 11.000 VA (1 fasa) dan Rp450 ribu untuk tambah daya hingga 16.500 VA (3 fasa) sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Adapun saat ini sudah ada 81 pengguna mobil listrik di Bekasi yang sudah menikmati promo harga spesial untuk pemasangan home charging di rumah. Dan angka ini masih terus bertumbuh," ujar Redi.

PLN juga telah membangun infrastruktur pendukung seperti SPKLU yang tersebar di wilayah Bekasi dan sekitarnya. "Lokasi SPKLU-nya mudah dijangkau masyarakat yaitu di PLN UP3 Bekasi, PLN Mustikajaya, PLN Bantar Gebang, PLN Bekasi Kota, PLN Medan Satria, Mall Metropolitan, Grand Metropolitan, Summarecon Mall Bekasi, Hyundai Narogong, Wuling Arista Bekasi, dan Rest Area KM 6 Bekasi Timur," katanya.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia berkomitmen terus mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. “Di mana pun SPKLU-nya listriknya pakai PLN dan kami siap baik secara jumlah pasokan maupun bisnisnya,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)