Kowarteg Ganjar Gelar Cek Kesehatan Gratis di Bekasi

Senin, 16 Oktober 2023 - 20:22 WIB
loading...
Kowarteg Ganjar Gelar Cek Kesehatan Gratis di Bekasi
Kowarteg Indonesia menggelar cek kesehatan gratis bagi warga di Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Minggu (15/10/2023) sore. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BEKASI - Komunitas warung Tegal (Kowarteg) Indonesia menggelar cek kesehatan gratis bagi warga di Kota Bekasi. Tujuan kegiatan relawan Ganjar Pranowo ini untuk membantu masyarakat mencegah penyakit yang dipicu kondisi cuaca ekstrem belakangan ini.

"Hari ini, Kowarteg Indonesia mengadakan cek kesehatan gratis untuk warga masyarakat di Bekasi. Untuk, mendeteksi dini supaya warga tahu kesehatan dirinya. Di antaranya, ada cek kolesterol dan cek tekanan darah," kata Korda Kowarteg Kota Bekasi Lina Rofiana di Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Minggu (15/10/2023) sore.

Kowarteg Indonesia sengaja menggelar kegiatan tersebut di tengah pemukiman padat penduduk. Alasannya agar warga mudah mengakses lokasi cek kesehatan gratis itu sehingga tidak perlu mengeluarkan waktu, tenaga, dan biaya transportasi dari rumah ke lokasi kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah respons masyarakat sangat antusias sekali karena mereka juga ingin tahu kesehatan tubuhnya. Mereka sangat tertarik untuk cek kolesterol, cek darah juga," ujarnya.

Antusiasme peserta juga menunjukkan dukungan mereka terhadap capres Ganjar Pranowo yang turut diperkenalkan para relawan Kowarteg Indonesia. Lina memastikan jajarannya akan terus menggelar kegiatan positif dan bermanfaat sambil terus menyosialisasikan Ganjar kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

"Kita akan selalu mengadakan kegiatan positif, akan terus berbagi, dan akan terus mendukung Pak Ganjar hingga nanti. Semoga Pak Ganjar bisa menjadi Presiden 2024," tandasnya.

Aalah seorang tenaga kesehatan yang bertugas, Desi Ayu Awaliah menjelaskan cek kesehatan kali ini mencakup pemeriksaan tekanan darah dan kadar kolesterol. Menurutnya, cuaca panas bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa berkembang menjadi berbagai jenis penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, dan sebagainya.

"Untuk di cek kesehatan sekarang, ada (banyak keluhan) tekanan darah karena jika cuacanya panas, itu dapat meningkatkan kerja jantung kita. Jadi, itu bisa meningkatkan tekanan darah kita," katanya.

Selain cuaca, penyakit yang menyerang masyarakat akhir-akhir ini diperburuk kondisi udara yang tercemar polusi. "Untuk sekarang, karena banyak polusi udara mungkin dari saluran pernapasan (yang rentan terkena penyakit). Contohnya, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), bronkitis," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)