Underpass Cibitung Akan Dibangun Tahun Depan

Kamis, 20 Juli 2017 - 02:27 WIB
Underpass Cibitung Akan Dibangun Tahun Depan
Underpass Cibitung Akan Dibangun Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Bekasi menyiapkan lahan seluas 6.061 meter untuk pembangunan underpass di Jalan Raya H Bosih, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Rencananya, Underpass Cibitung dibangun 2018.

"Underpass ini akan dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kami (Kabupaten Bekasi) hanya menyiapkan lahannya untuk kebutuhan pembangunan underpass," ujar Kepala DPKPP Kabupaten Bekasi, Jamaludin kepada Koran SINDO, Rabu 19 Juli 2017.

Menurutnya, pemerintah telah menghabiskan anggaran untuk pembebasan lahan tersebut senilai Rp88 miliar. Proses pembebasan memakan waktu 2 tahun anggaran, yakni 2015 senilai Rp47 miliar, dan 2016 sebesar Rp41 miliar. "Kami membebaskan 65 bidang lahan milik warga," katanya.

Dari seluruh bidang lahan, kata dia, masih ada empat bidang yang belum rampung diselesaikan. Masing-masing pemilik dua bidang belum menyerahkan berkas, sedangkan dua lainnya belum sepakat dengan harga. Sehingga, alternative terakhir konsinyasi, jika proyek sudah mulai dibangun.

Jamal mengatakan, Kemenhub berjanji akan membangun underpass tersebut pada 2018, karena harus menyiapkan anggarannya. Mengacu pada Underpass Tambun, dana yang dibutuhkan mencapai Rp125 miliar, seperti Underpass Tambun.

Berdasarkan detail enginering design, kata dia, underpass itu memiliki lebar 37 meter terbagi dua jalur. Adapun, panjangnya mencapai 400 meter. Pemerintah Pusat menargetkan pembangunan rampung pada 2019. "Bersamaan dengan operasinya kereta Commuter Line sampai ke Cikarang," ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Selamet Supriadi menambahkan, berdasarkan MoU dengan Kementerian Perhubungan, ada beberapa titik yang akan dibangun underpass selain Cibitung. "Masih ada beberapa titik lagi yang dikaji," tambahnya.

Selain untuk mengurai kemacetan di sekitar Pasar Induk Cibitung, kata dia, Underpass Cibitung ini guna menunjang pengoperasian double-double track (DDT) maupun KRL Comuter Line dari Jakarta hingga Cikarang. "Sesuai perjanjian kerja sama, tahun depan underpass ini sudah dibangun," katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti mengatakan, underpass menjadi sebuah kebutuhan menyusul akan beroperasinya KRL dari Jakarta sampai ke Cikarang. "Untuk memecah kemacetan, dan kecelakaan karena intensitas perjalanan kereta," katanya.

Jejen mengatakan, jalur tersebut merupakan penghubung antara daerah utara Bekasi seperti Tambelang, Sukatani menuju ke daerah selatan. Sebab, jalur utama rata-rata di selatan, seperti Jalur Pantura, maupun Tol Jakarta-Cikampek. "Underpass ini sangat dibutuhkan di Cibitung," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6455 seconds (0.1#10.140)