Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Puncak Bogor

Rabu, 28 Juni 2017 - 09:25 WIB
Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Puncak Bogor
Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Puncak Bogor
A A A
BOGOR - Ribuan kendaraan terjebak macet di ruas jalan yang menuju jalur wisata Puncak di Bogor, sejak Rabu dinihari (28/6/2017). Kemacetan disebabkan karena warga Jakarta maupun Bogor dan sekitarnya masih memanfaatkan waktu libur untuk berwisata di Puncak Bogor.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, ribuan kendaraan tersebut sudah mengantre sejak pukul 03.00 WIB, Rabu (28/7/2017).

Menurut Yusri, berdasarkan pantauan di Gerbang Tol Ciawi terutama di pintu keluar menuju Puncak dan Sukabumi terpantau antrean sekitar 2 Km (42.800), 8 gerbang dibuka. Entrance (menuju Jakarta) terpantau lancar nihil antrean, 5 gerbang dibuka.

"Di Simpang Gadog, saat ini situasi arus lalin terpantau yang ke arah Jakarta lancar, arah sebaliknya terpantau antrean 2 Km (Sekitar Median Sirait) hambatan keluar masuk kendaraan sekitar Sp Pasir Muncang," kata Yusri.

Sedangkan di Situasi arus lalin Tanjakan Selarong ke arah atas antrean sekitar 2 Km hambatan sekitar Simpang Megamendung, sedangkan arah sebaliknya ramai lancar.

"Situasi arus lalin Sp Megamendung yang ke arah antrian sekitar 2 km (Sekitar Hotel Budi luhur) yang ke arah bawah antrean kendaraan 1 Km atau sekitaran RM Cimory River Side," paparnya.

Untuk situasi arus lalin sekitar Pasar Cisarua hingga Simpang Citeko yang ke arah atas antrean sekitar 1 Km hambatan keluar masuk kendaraan sekitar Sp Jatiwangi, yang ke arah bawah terpantau ramai lancar.

"Untuk situasi arus lalin Simpang Taman Safari hingga Warung Kaleng yang ke arah atas lancar, yang ke arah bawah terpantau antrean sekitar 700 M hambatan keluar masuk kendaraan sekitar Sp Jatiwangi," jelasnya.

Sedangkan situasi arus lalin sekitar Rindu Alam yang ke arah atas lancar arah sebaliknya terpantau padat, antrean sekitar 3 Km. Untuk jumlah kendaraan yang melintas Gerbang Tol Ciawi pada hari Rabu Tanggal 28 Juni 2017 Jam 03.00 hingga 06.00 WIB yakni di pintu keluar sebanyak 3.751 kendaraan dan yang masuk 1.976 unit serta total kendaraan 5.727 unit.

Dari jumlah volume kendaraan dan jumlah wisatawan yang terpantau meningkat dibandingkan pada (H+2) serta terdapat titik hambat 42 persimpangan.

"Imbauan kepada masyarakat adalah tidak mendahului kendaraan lain yang akan menimbulkan kemacetan, tetap tertib dalam berlalu lintas dan ikuti peraturan yang ada, utamakan keselamatan di jalan dan hindari aksi kebut- kebutan di jalur puncak, untuk menggunakan informasi Twitter dan instagram TMC Polres Bogor untuk mengetahui kondisi arus lalin terkini dan tetap bersabar di dalam antrean apabila situasi jalur ramai," papar Yusri.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, ribuan kendaraan saat ini masih terjebak kemacetan di jalur menuju Puncak.

"Saat ini Polres Bogor telah menerapkan One Way ke arah Puncak (Jakarta – Cianjur) dengan titik pending dari arah atas sekitaran Riung Gunung. Mengingat ekor antrean exit gerbang Tol 2 Km yang mengarah ke arah atas, sehingga perlunya penarikan arus dari arah bawah menuju keatas," kata Hasby.

Menurut dia, jumlah kekuatan anggota yang bersiaga sebanyak 120 personel lalu lintas yang bertugas di 5 pos pengamanan, 1 pos pelayanan, 56 Titik pos gatur, 70 personel polsek gabungan (Megamendung, Ciawi dan Cisarua), 15 mobil patroli dan 2 STT Sabhara Rainmas.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3762 seconds (0.1#10.140)