alexa snippet

Ditinggal Mudik, Tim Eagle Sisir Kawasan Pemukiman

Ditinggal Mudik, Tim Eagle Sisir Kawasan Pemukiman
Tim eagle Polres Jakarta Barat. Foto/Yan Yusuf/KORAN SINDO
A+ A-
JAKARTA - Mengantisipasi kasus pencurian rumah kosong yang di tinggal masyarakat mudik Lebaran. Tim Eagle, Polres Metro Jakarta Barat bakal menyisir sejumlah kawasan pemukiman selama 24 jam hingga arus balik.

Kepastian itu diungkapkan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Andi Adnan. Dia mengatakan, pihaknya akan mengintensifkan penjagaan melalui tim eagle. Patroli rutin di kawasan penduduk akan dilakukan demi menjaga rumah yang ditinggal pemudik.

"Kita akan berkoordinasi dengan ketua RT dan RW setempat meminta data rumah yang ditinggal mudik. Selanjutnya kami akan melakukan patroli," ucap Andi yang memimpin Tim Eagle kepada KORAN SINDO, Selasa (20/6/2017).

Termasuk berkoordinasi dengan petugas keamanan, kata Andi, pihaknya akan meminta peran mereka untuk lebih optimal. Antisipasi kelengahan dan lalai akan tugas terus diingatkan demi menjaga kawasan pemukiman agar tetap aman.

Sebelumnya, Tim Eagle dibentuk pada awal Ramadan lalu, tim berjumlah 22 orang ini merupakan tim taktis yang berfungsi menindak segala kejahatan. Dengan modal senjata laras panjang dan pendek, serta kemampuan bela diri yang mumpuni Tim Eagle akan terus melakukan monitoring selama Ramadan hingga arus balik Lebaran.

Sementara kepada masyarakat yang ingin mudik, Andi menyarankan agar berkoordinasi dengan pihak RT dan RW. Sebab cara ini untuk mempermudah pihaknya guna melakukan koordinasi dan pengawasan.

Selain itu, warga meninggalkan rumah diminta untuk meningkatkan keamanan. Pemasangan CCTV hingga terkoneksi dengan ponsel pintar akan memudahkan polisi dalam melakukan penyidikan dan pengukapan bila terjadi kasus.

"Ini terjadi saat kami mengungkapkan kasus bobol rumah beberapa bulan lalu. Si pemilik langsung mengontak kami begitu ada orang lain yang masuk kerumahnya. Kami langsung menyergapnya," tutur Andi.

Kemudian, Andi menyarankan untuk menyimpan sejumlah barang berharga, seperti emas ketempat aman. Cara ini bisa dilakukan dengan menitip ke bank.

"Terakhir, agar lebih aman nyalakan lampu saat malam hari dan matikan saat siang. Cara ini bisa memanfaatkan saklar listrik dan menitipkan ke tetangga yang untuk dinyalakan malam hari," tutupnya.



(mhd)
loading gif
Top