Gelar Operasi Cipta Kondisi, Polda Metro Jaya Bekuk 20 Orang

Senin, 29 Mei 2017 - 23:15 WIB
Gelar Operasi Cipta Kondisi, Polda Metro Jaya Bekuk 20 Orang
Gelar Operasi Cipta Kondisi, Polda Metro Jaya Bekuk 20 Orang
A A A
JAKARTA - Sebanyak 20 orang ditangkap petugas Polda Metro Jaya selama dua hari pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi. Seluruh pelaku yang ditangkap diduga adalah pelaku-pelaku pembuat onar seperti genk motor dan yang akan membuat keributan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, selama dua hari ini sudah ada 20 orang yang ditangkap. Para pelaku yang ditangkap kedapatan sedang berbuat onar baik tawuran dan membawa senjata tajam.

"Mereka ditangkap berkelompok, ada yang diduga mereka adalah genk motor," kata Argo kepada wartawan, Senin (29/5/2017). Argo melanjutkan, untuk kegiatan Ramadan ini Polda Metro Jaya beserta jajaran melakukan kegiatan cipta kondisi artinya adalah untuk meningkatkan kegiatan yang bersifat rutinitas menjadi prioritas.

"Kegiatan ini dilakukan oleh setiap polres, nantinya mereka membentuk suatu tim patroli. Harapannya adalah jangan sampai ada kegiatan yang merusak kegiatan Ramadan ini," tegasnya.

Dalam kegiatan ini yang paling utama adalah mengincar genk motor atau gengster, balap liar, dan pelaku tawuran serta pembuat onar. "Jadi saat ini beberapa Polres sudah melakukan penangkapan, ada di Jakarta Utara, Bekasi Kota, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Beberapa yang kita tangkap adalah anak-anak di bawah umur dan remaja yang melakukan kegiatan serombongan jalan-jalan, menggunakan motor membawa sajam," ucapnya.

Menurut Argo, mereka yang kebanyakan berusia anak-anak ini berupaya untuk menunjukkan bahwa mereka laik disegani. Maka, demi mewujudkan hal itu, lantas mereka pun melukai orang lain agar ditakuti yang lainnya.

"Jadi anak-anak ini ingin ada aktualisasi diri, mereka ingin menjadi suatu pemimpin di situ, jadi dengan adanya pemimpin geng itu nanti, siapa yang akan makin beani meluakai orang dialah yang akan ditunjuk sebagai ketuanya. Dan geng-geng ini juga berada di mana mana, makanya polda metro jaya dan jajarannya sudah membentuk tim dan sudah beberapa kali menangkap," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6624 seconds (0.1#10.140)