Megawati Minta Koleksi Museum Nasional Ditelusuri usai Kebakaran

Selasa, 19 September 2023 - 18:36 WIB
loading...
Megawati Minta Koleksi Museum Nasional Ditelusuri usai Kebakaran
Mantan Presiden yang juga Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri meninjau Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023). Museum Nasional terbakar pada Sabtu (16/9/2023). Foto: Dok PDIP
A A A
JAKARTA - Mantan Presiden yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri meminta koleksi Museum Nasional ditelusuri dengan baik usai meninjau Museum Nasional setelah kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid mengatakan, dalam tinjauan ini Megawati bertanya mengenai koleksi yang ada di Museum Nasional. Tak hanya itu, Megawati juga berdiskusi soal sejarah tata kelola museum dan sebagainya.



"Dan tadi Ibu memberikan arahan koleksi ini perlu ditelusuri sejarahnya. Narasinya dibikin dengan baik sehingga bisa digunakan sebagai sumber belajar," kata Hilmar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

Meski demikian, Megawati juga mengerti bagaimana kondisi Museum Nasional yang tengah dilakukan penyelidikan saat ini. Sehingga, dia bisa memahami penelusuran koleksi tidak bisa dilakukan secara cepat.

"Ibu juga maklum tadi melihat teman-teman yang sedang bekerja mengevakuasi koleksi terdampak kebakaran," ujarnya.

Di sisi lain, Hilmar belum bisa menyampaikan secara pasti berapa banyak jumlah koleksi museum yang terdampak imbas kebakaran.

"Kita masih dalam proses retrieval. Jadi mengangkat dari ruangan terdampak ke tempat aman. Jadi soal jumlah belum bisa disampaikan sekarang," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)