Kota Tangerang Akhirnya Diguyur Hujan Lebat

Selasa, 19 September 2023 - 14:19 WIB
loading...
Kota Tangerang Akhirnya Diguyur Hujan Lebat
Setelah dilanda kemarau panjang, wilayah Kota Tangerang akhirnya diguyur hujan deras, Selasa (19/8/2023) siang. Turunnya hujan ini disambut penuh syukur oleh warga. Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Setelah dilanda kemarau panjang , wilayah Kota Tangerang akhirnya diguyur hujan deras , Selasa (19/8/2023) siang. Turunnya hujan ini disambut penuh syukur oleh warga.

Hujan deras turun sejak pukul 12.30 WIB, dan merata di seluruh wilayah Kota Tangerang, seperti Kecamatan Periuk, kecamatan Jatiuwung, dan kecamatan Cibodas. Derasnya hujan kali ini disyukuri warga. Sebab di beberapa wilayah sudah mengalami kekurangan air bersih.

"Bersyukur ya hujan turun hari ini, udara jadi sejuk juga, karena kemarin benar-benar kering, hawanya panas juga," ungkapNoer salah satu warga Cibodas.



Meskipun hujan lebat mengguyur wilayah Kota Tangerang sejak siang tadi, tidak ada laporan banjir dari warga.

Selain Kota Tangerang, Jakarta juga hari ini diguyur hujan. Seperti di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, hujan turun cukup deras. Sebelumnya, hujan juga turun di kawasan Monas, Jakarta Pusat.



Sebelumnya diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) positif yang menyebabkan kemarau atau kekeringan, akan berlangsung hingga akhir tahun 2023.



Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menjelaskan, berdasarkan data BMKG indeks El Nino mencapai level moderate dan IOD sudah memasuki level positif atau suhu ekstrem, yang menyebabkan udara lebih kering. Sehingga, berisiko pada ancaman kekeringan, kebakaran, dan penanganan yang sulit.

“Ini membutuhkan pengetahuan dan kesadaran bersama-sama, yakni untuk sama-sama menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup, dan sama-sama untuk menjaga lingkungan untuk keberlangsungan lingkungan pada massa kemarau panjang yang tengah kita hadapi saat ini,” ungkap Maryono.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)